Cara Tukar Uang Miliaran ke Pecahan Rp 20.000 Seperti Bowo

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 30 Mar 2019 09:39 WIB
2.

Bisa Tukar Uang

Cara Tukar Uang Miliaran ke Pecahan Rp 20.000 Seperti Bowo
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto

Salah satu pegawai Bank BUMN menyebutkan siapa pun bisa menukarkan uang pecahan Rp 20.000 dan Rp 50.000 dalam jumlah yang besar. Syaratnya, penukaran harus dilakukan di cabang bank tempat membuka rekening.

"Bisa tukar uang dalam jumlah banyak, tapi harus nasabah di cabang asal. Misalnya dia buka tabungan di cabang wilayah Jakarta Selatan, ya harus ambil di cabang itu," ujar pegawai tersebut saat dihubungi detikFinance, Jumat (29/3/2019).

Sedangkan jika bukan nasabah, bisa melakukan penukaran, namun tidak dalam jumlah yang besar. Syarat untuk penukaran uang adalah buku tabungan dan kartu tanda penduduk (KTP) yang sesuai.

"Bisa tukar uang ke pecahan Rp 20.000 itu, asal bukan uang baru. Kalau stok Rp 20.000 itu kan tidak terlalu banyak juga. Syaratnya jelas harus ada buku tabungan dan KTP ya," jelas dia.

Meski demikian, penukaran uang tersebut juga harus memperhatikan ketersediaan uang dari bank. Pegawai yang enggan disebutkan namanya ini menjelaskan, bank bisa melayani penukaran uang melihat stok dari uang tersebut.

"Stok Rp 20.000, nggak terlalu banyak juga," tuturnya.

Kemudian dia melanjutkan biasanya kantor cabang juga akan melakukan verifikasi atau pengecekan ulang tentang tujuan dan sumber dana yang ditukarkan. Hal ini untuk meminimalisir kegiatan pencucian uang yang biasanya terjadi.

Dia menjelaskan, selama ini setiap bank berupaya untuk melayani nasabah dengan baik dan mengusahakan penukaran uang yang dilakukan oleh nasabah.