Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Apr 2019 10:30 WIB

Pemerintah Jual Surat Utang Bunganya 7,95%, Mau Beli?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Kementerian Keuangan/Foto: Yulida Medistiara/detikFinance Kementerian Keuangan/Foto: Yulida Medistiara/detikFinance
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan kembali menerbitkan surat utang saving bond ritel (SBR) seri SBR006 dengan tingkat kupon 7,95% dalam tiga bulan pertama.

Savings Bond Ritel (SBR006) merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai investasi yang aman, mudah dan terjangkau.

Masa penawaran SBR006 ditetapkan sejak hari ini 1 April mulai pukul 09.00 WIB hingga 16 April 2019 pukul 10.00 WIB. Minimum pemesanan untuk SBR006 Rp 1 juta dan maksimalnya Rp 3 miliar. Pembayaran Kupon Pertama Kali 10 Juni 2019 (long coupon).


Jenis surat utang ini tanpa warkat, yakni tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo, kecuali pada masa pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption).

Tanggal penetapan penjualan pada 22 April 2019 dan tanggal settlement pada 24 April 2019. Untuk pembayaran kupon dilakukan setiap bulan di tanggal 10.

Jenis kupon SBR006 mengambang dengan tingkat kupon minimal (floating with floor) dengan suku bunga acuan adalah BI 7-Day Reverse Repo Rate.


Tingkat kupon SBR006 akan disesuaikan setiap tiga bulan. Tingkat Kupon berikutnya akan disesuaikan setiap tiga bulan pada Tanggal Penyesuaian Kupon sampai dengan jatuh tempo. Penyesuaian tingkat kupon didasarkan pada suku bunga acuan ditambah spread tetap 195 bps (1,95%).

Kemenkeu juga telah menunjuk 14 agen penjual yang terdiri dari perbankan dan perusahaan sekuritas, yakni BCA, Bank Mandiri, BNI, Bank Permata, BRI, BTN, dan Maybank. Kemudian Tri Megah Sekuritas Indonesia, Danareksa Sekuritas, Bareksa Portal Investasi, Star Mertaco Capitale, Nusantara Sejahtera Investama, Investree Radhika Jaya, dan Mitrausaha Indonesia Grup. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com