Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Mei 2019 11:14 WIB

Tantangan Bank di Era Digital: Berhadapan dengan Fintech

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sektor perbankan baik nasional maupun dunia kini sudah memasuki era digitalisasi. Mulai dari layanan bank tanpa kantor hingga transaksi menggunakan e-channel yang sudah biasa dilakukan.

Wakil ketua dewan komisioner OJK Nurhaida menjelaskan dalam beberapa waktu ke depan ada sejumlah tantangan yang akan dihadapi oleh perbankan di dunia. Karena itu, kata Nurhaida, bank harus menyesuaikan diri dan bertransformasi agar tetap bisa menarik pelanggan atau nasabahnya.

"Bank harus bertransformasi di era digitalisasi ini. Jika tidak, maka bank akan ketinggalan dan muncul bank-bank lain dengan proses digital," ujar Nurhaida dalam seminar Disruption and Banking for the future, di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (5/2/2019).

Nurhaida menjelaskan, bank konvensional juga harus melakukan inovasi dalam sektor keuangan. Hal ini agar bank konvensional bisa tetap menjaga bisnis yang bersifat umum seperti menabung hingga transaksi pembayaran.


Selanjutnya, Nurhaida mengatakan ada layanan bank yang akan terdegradasi. Nah, layanan ini tentunya akan digantikan oleh lembaga keuangan baru.

Kemudian peran intermediasi bank akan hilang sama sekali jika hal-hal tersebut tak dilakukan. Karena itu, bank akan berhadapan dengan layanan financial technology (fintech).

"Bank dan fintech harus berkolaborasi karena kebutuhan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia sangat besar. Masyarakat Indonesia itu banyak di 17 ribu pulau, untuk menjangkau mereka dibutuhkan teknologi, karena itu dibutuhkan kolaborasi," imbuh dia.

Nurhaida mencontohkan kolaborasi yang bisa dilakukan adalah seperti penyaluran kredit dalam hal ini peer to peer lending. Fintech peer to peer lending ini dalam kegiatannya tak bisa menghimpun dana, karena itu fintech peer to peer harus tetap menggandeng bank untuk melakukan operasional.

(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com