Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 26 Mei 2019 11:04 WIB

Liputan Khusus Ponselku Rekeningku

Bikin Rekening Kini Semudah Chatting

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dok: Zarah Intan Sitepu Foto: Dok: Zarah Intan Sitepu
Jakarta - Jam 06.00 waktu Indonesia Barat (WIB), notifikasi pesan instan Arief Irawan (29) berbunyi. Sontak ia langsung membuka aplikasi pesan kenamaan di seluruh dunia itu.

Seorang teman memintanya untuk membuat akun rekening bank dalam waktu kurang dari satu jam. Ini adalah pertama kalinya ia diburu untuk membuat rekening di "pagi buta". Ini memang bukan nomor rekening pertamanya, ia sebelumnya sudah memiliki rekening bank asal Malaysia.

Ia ingat, ada sebuah bank swasta nasional yang memiliki layanan pembukaan rekening melalui mobile banking. Jari-jarinya langsung lihai menyentuh akun google playstore dan mencari BCA Mobile. Kurang dari 1 menit, aplikasi tersebut sudah terinstall di smartphone-nya.


Arief menyentuh logo mobile banking tersebut, ia kemudian memilih tombol buka rekening baru dan memilih jenis tabungan yang akan ia buat. Ia memilih tahapan Xpresi dan memilih di kantor cabang mana rekening ia akan didaftarkan. Pilihan ini bertujuan untuk jika ia membutuhkan kartu ATM maka bisa datang ke kantor tersebut dengan membawa e-KTP asli.

Lalu ia mengisi formulir untuk proses pembuatan rekening. Sama seperti di bank, ia diminta menyiapkan kartu tanda penduduk (KTP), foto diri, kertas putih yang sudah ditandatangani dan kartu nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Dengan cepat ia memfoto KTP, swafoto, tanda tangan di atas kertas putih dan NPWPnya. Setelah melengkapi dokumen tersebut ia juga diminta mengisi 15 kolom untuk kelengkapan data diri mulai dari nama ibu kandung sampai dengan telepon kantor.

Di akhir proses pengisian data diri, calon nasabah diminta untuk memeriksa data yang dimasukkan dalam formulir. Selanjutnya adalah video call dengan customer service untuk aktivasi nomor rekening.


Dalam video call tersebut, customer service melakukan wawancara kepada calon nasabah selayaknya membuka rekening di kantor cabang. Memang, untuk keperluan ini akses internet yang baik sangat dibutuhkan pasalnya jika internet 'ngadat' akan sulit proses aktivasi dilakukan.

Arief sempat kesulitan untuk menyamakan tanda tangannya di KTP dan di kertas putih yang sudah ia siapkan tadi. Customer service meminta ia mengulang tanda tangan sampai benar-benar mirip.

Setelah proses sudah terpenuhi seluruhnya, ia diminta menunggu 3 menit untuk proses aktivasi nomor rekening. Kurang dari 30 menit, rekening BCA xpresi sudah dimiliki dan sudah bisa digunakan untuk bertransaksi.

Lalu bagaimana setoran awalnya? Bagaimana kartu ATM? Bagaimana buku tabungan dan bagaimana tarik atau setor tunai?

Setoran awal disebutkan oleh customer service bisa dilakukan melalui transfer dari bank lain baik lewat ATM, setor tunai, mobile banking maupun internet banking. Kartu ATM bisa diambil satu hari kerja setelah pembukaan rekening di kantor cabang yang sudah dipilih pada menu awal.

Aplikasi sejenis ini sudah dilengkapi dengan layanan setor dan tarik tunai tanpa kartu. Jadi cukup dengan aplikasi mobile banking, bisa mengambil uang di mesin ATM.

Dia menjelaskan layanan ini sangat memudahkan, karena tidak perlu datang ke kantor cabang dan bisa dilakukan di mana saja. Pasalnya BCA menyediakan layanan video call dengan customer service mulai dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

"Gampang banget, gue nggak harus ketemu sama tukang parkir, satpam dan teller. Karena gue juga nggak perlu nunggu kantor bank buka jam 08.00, butuh nomor rekeningnya buru-buru. Sekitar jam setengah 7 gue udah punya nomor rekening," kata dia saat berbincang dengan detikFinance, beberapa hari lalu.

Selain Arief, detikFinance juga ngobrol dengan Kevin Atanasio (25), ia juga memiliki rekening yang ia buka bukan di kantor cabang. Saat itu Kevin mengaku penasaran ketika datang ke Grand Indonesia, ia bersama sang kakak selalu melihat booth Digibank by DBS di lantai LG mall tersebut.

Akhirnya ia mendengarkan sales tentang produk digibank hingga kemudian ia tertarik dengan penawaran yang diberikan. "Gue sebenarnya sudah ada rekening, tapi karena ini buka rekeningnya mudah digital banget dan cepat gue cuma download, isi formulir dan kasih lihat KTP ya gue bikin aja. Ada tawaran voucher juga Rp 50.000 ha ha ha," kata dia.

detikFinance juga coba untuk membuka rekenig digibank ini dengan cara mendownload aplikasi di google playstore kemudian mengisi beberapa kolom formulir. Sales meminta e-KTP untuk pengenalan identitas diri menggunakan biometrik.

Setelah itu, detikFinance diminta untuk mengisi alamat rumah untuk pengiriman kartu debit. Prosesnya hanya satu hari kerja untuk pengantaran kartu tersebut. Banyak promo yang ditawarkan, mulai dari setoran awal Rp 500.000 dan digunakan untuk transaksi maka akan mendapatkan voucher MAP sebesar Rp 50.000 kemudian juga cash reward dalam waktu 3 hari ke depan Rp 50.000 yang langsung masuk ke dalam rekening.

Layanan digital banking ini, menyediakan pembukaan deposito, asisten virtual yang melayani nasabah 24/7 yang benar-benar memanjakan nasabah 'mager'. Nasabah bisa chat dengan robot bernama digibot. Misalnya menanyakan "Berapa saldo rekening saya?" tak lama ia akan menjawab jumlah rekening dan ketika kita memberikan ucapan terima kasih ia akan menjawab "dengan senang hati".

Memang digibank menawarkan layanan bank berbasis mobile yang menawarkan cara baru dalam beraktivitas perbankan. Berbeda dengan pembukaan rekening BCA Mobile, digibank mewajibkan calon nasabah harus aktivasi di booth, jadi tak bisa hanya dengan validasi menggunakan video call. (kil/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com