Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Jun 2019 11:29 WIB

Waspada Penipuan Belanja Online Pakai Rekening Ponsel!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat ini nomor rekening tak hanya ada di buku tabungan bank. Sekarang, nomor ponsel juga bisa menjadi rekening.

Beberapa waktu lalu, di media sosial sempat ramai modus penipuan belanja online yang menggunakan rekening ponsel.

Seorang pedagang online di akun Facebook Ika Putri membagikan cerita pengalaman hampir ditipu oleh calon pembelinya.

Ceritanya, calon pembeli itu ingin bertransaksi dan membayar lewat rekening ponsel. Setelah deal dengan harga dan transaksi, calon pembeli ini kemudian bertanya sms verifikasi sudah masuk ke hp si penjual atau belum. Dia pun bertanya apa si penjual punya m-banking atau tidak, karena katanya kode verifikasi harus dimasukkan lewat m-banking.

Si penjual lantas curiga. Setahu dia, verifikasi pembayaran pakai rekening ponsel akan masuk ke nomor pengguna yang dalam hal ini si calon pembeli, bukan nomor si penjual.


Singkat cerita, benar saja ada sms verifikasi masuk ke hp si penjual.

"[Uangme] Kode verifikasi Anda adalah 571443, yang sah selama 15 menit. Harap simpan dengan aman," begitu bunyi sms-nya.

Dia pun tambah curiga apa itu Uangme. Hingga akhirnya dia mencari tahu di internet dan kaget, ternyata Uangme itu adalah aplikasi pinjaman online. Dia pun menduga, si penipu ini membeli barang, kemudian bayar menggunakan pinjaman online dan pakai no telepon penjual dan rekening si penjual.

"Memang duit akan masuk ke rekening penjual dan barang dikirim, tapi nanti pasti tau2 bulan depan ada yg tlp prihal pembayaran pinjaman online ke penjual, karna yg dikasih adalah no tlp dan rek penjual. Semakin lama semakin besar bunganya, alamat pemilik rekening atau no tlp bisa dilacak oleh pihak terkait dan pada ujung2nya debt kolektor datang kerumah penjual ngasih tagihan yg sudah menggunung karna bunganya terus bertambah," keluhnya.


Beruntung, dia cepat sadar dan tidak melanjutkan transaksinya.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja rekening ponsel?

Mengutip laman resmi cimbniaga.com, Rekening Ponsel bisa diakses menggunakan aplikasi Go Mobile yang bisa diunduh di apps store, playstore hingga tautan yang disediakan di website, selain itu juga bisa menggunakan menu SMS hingga web browser cimbclicks.co.id.

detikFinance menjajal transaksi menggunakan rekening ponsel dari Go Mobile.

Langkah pertama adalah memasukkan user id yang terdiri dari angka dan huruf. Kemudian pihak Rekening Ponsel akan mengirimkan 4 digit passcode untuk akses masuk ke dalam aplikasi. Bisa juga dengan akses sidik jari jika memang sudah diaktifkan.


Setelah itu, bisa memilih rekening ponsel.

Jika ingin melakukan pembayaran, maka pengguna bisa menekan tombol 'pembayaran' kemudian akan dilanjutkan dengan form untuk berapa nilai yang harus dibayarkan.

Beberapa waktu kemudian, akan terbit kupon berupa nomor hingga QR code untuk proses pembayaran. Sekedar informasi, kupon ini bisa digunakan untuk toko atau merchant yang sudah bekerja sama dengan pihak Rekening Ponsel.

Sedangkan untuk pengiriman dana biasa, bisa langsung dikirim ke nomor penerima, kode verifikasi pengiriman juga dikirim ke nomor pengguna atau nasabah Rekening Ponsel, Passcode namanya.

Selain itu, nantinya penerima akan mendapatkan kode akses untuk melakukan penarikan tunai di mesin ATM, bukan di mobile banking. Kode verifikasi yang masuk juga berasal dari nomor resmi CIMB Niaga, tak ada embel-embel kode lain. (kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed