Hong Kong Demo Besar-besaran, TKI Masih Bisa Kirim Uang ke RI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 14 Jun 2019 07:59 WIB
Hong Kong Demo Besar-besaran, TKI Masih Bisa Kirim Uang ke RI
Foto: Reuters

Demo besar-besaran mengakibatkan pasar saham Hong Kong Indeks Hang Seng yang turun sebesar 1,7% pada penutupan. Kondisi ini juga paling berdampak pada saham properti lokal.

Aksi jual saham ini juga didasari kekhawatiran mengenai ekonomi global, khususnya perang dagang antara Amerika Serikat dan China serta ekspektasi penurunan suku bunga Bank Sentral The Fed beberapa bulan ke depan.

Direktur penelitian broker KGI, Ben Kwong mengatakan dari adanya unjuk rasa tersebut sebagian saham lokal akan menurun. Hal ini lumrah setelah sebelumnya kondusif.

"Ini adalah reaksi normal ketika Anda mengalami keresahan sosial atau ketegangan, mengingat selama beberapa tahun ini kami relatif tenang," jelas Ben Kwong dikutip dari Straits Times, Kamis (13/6/2019).

Memanasnya kondisi Hong Kong karena aksi demo besar-besaran juga memberi dampak pada perbankan hongkong yang terlihat menaikkan suku bunga antarbank. Tercatat, biaya pinjaman antarbank atau Hibor naik 29 basis poin ke angka 2,42%. Angka ini menjadi yang tertinggi sejak tahun 2008.

Dilansir dari Straits Times, Kamis (13/6/2019), nilai mata uang dolar Hong Kong juga menguat sebesar 0,26%. Saat ini pun, nilai tukar dolar Hong Kong ke dolar AS berada di angka 7,75 hingga 7,85.

Kemudian, suku bunga di Hong Kong biasanya sejalan dengan The Fed. Padahal, suku bunga biasanya di pertengahan tahun dicatat lebih tinggi dengan likuiditas yang ketat.

(ang/ang)