Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Jun 2019 10:50 WIB

Laporan dari Tokyo

45.000 WNI di Jepang Kini Makin Mudah Kirim Duit ke RI

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dok. BNI Foto: Dok. BNI
Tokyo - Mencari nasabah tak melulu harus dilakukan secara langsung menyasar calon nasabah di dalam negeri. Cara berbeda dilakukan PT Bank Negara Indonesia (BNI) dengan menggandeng agensi pengiriman uang antar negara atau remitansi Jepang, Global Unidos Co. Ltd atau Kyodai Remittance.

Strategi itu direalisasikan dengan penandatanganan kerja sama dua perusahaan lintas negara itu di Tokyo, Jepang, Senin (24/6/2019).

Dengan kerja sama ini, warga negara Indonesia yang bekerja di Jepang dapat memanfaatkan seluruh jaringan Kyodai untuk mengirim uang ke Indonesia. Di Indonesia, uang yang dikirim via Kyodai akan diterima melalui akun tabungan bank BNI.

"Lebih dari 45.000 pekerja asal Indonesia saat ini bekerja di berbagai sektor seperti pertanian, manufaktur, dan perikanan di Jepang," kata Direktur Bisnis Tresuri dan Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo.

Ditemui terpisah, Deputi General Manager BNI Tokyo, Muhamad Emil Azhari menjelaskan, kerja sama ini akan memberikan keuntungan bagi semua pihak yang terlibat.

Penandatanganan kerja sama BNI dan Global Unidos Co. Ltd atau Kyodai Remittance.Penandatanganan kerja sama BNI dan Global Unidos Co. Ltd atau Kyodai Remittance. Foto: Dok. BNI




Bagi Kyodai, basis pengguna jasa remitansi yang dikelolanya akan bertambah. Sementara dengan kerja sama ini, BNI akan mendapat keuntungan berupa penambahan basis nasabah baru, yakni keluarga pekerja migran RI yang mengirim uang dari Jepang berkat adanya kerja sama ini.

"Di sini (Jepang) remitansinya dari Kyodai. Kyodai itu terbesar jaringannya di Jepang untuk agensi remitansi. Nah di Indonesia, uang yang dikirim dari jepang itu masuk ke rekening BNI. Jadi bagi kami, itu akan menambah basis nasabah kami di Indonesia," beber Emil ditemui di Osaka, Senin (24/6/2019) malam.

Kyodai Remittance merupakan perusahaan remitansi dengan 17 kantor cabang di seluruh Jepang meliputi Tokyo, Osaka, Fukuoka, Okinawa, Shiga, dan Gunma. Perusahaan ini mendapatkan didukung dari lebih 27.000 ATM Japan Post Bank.
BNI Tokyo mulai beroperasi sebagai Representative Office pada 1 Desember 1959 dan pada tahun 1969 status kantor perwakilan Tokyo ditingkatkan menjadi Kantor Cabang.

Dengan berubahnya status menjadi Kantor Cabang, BNI Tokyo dapat memberikan berbagai layanan jasa dan produk perbankan. Hingga saat ini, aset BNI Tokyo telah mencapai sekitar US$ 800 juta yang didukung oleh penyaluran kredit yang berkualitas hingga lebih dari US$ 470 juta.





45.000 WNI di Jepang Kini Makin Mudah Kirim Duit ke RI
(dna/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed