Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 26 Jun 2019 11:04 WIB

Sudah Sampai Mana Rencana Ubah Rp 1.000 Jadi Rp 1 di DPR?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim
Jakarta - Penyederhanaan angka pada mata uang rupiah atau redenominasi pernah disebut akan jalan pada 2020 mendatang. Artinya 6 bulan lagi rencana ini akan berjalan.

Namun hingga saat ini, rancangan undang-undang (RUU) redenominasi tak masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) 2018. Bagaimana tahun ini?

Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng menjelaskan hingga saat ini pihak DPR belum mendapatkan informasi lanjutan terkait rancangan undang-undang (RUU) tentang redenominasi.

"Sampai sekarang belum ada RUU redenominasi, belum masuk ke DPR," kata Mekeng saat dihubungi detikFinance, Rabu (26/6/2019).

Dia mengungkapkan, untuk merealisasikan rencana tersebut maka RUU harus masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas). Namun juga harus memperhatikan situasi dan kondisi negara, terutama masalah perekonomian.

"Sekarang ya kita lihat dulu situasi dan kondisi negara, saat akan dijalankan rencana redenominasi itu," ujarnya.



Menurut Mekeng jika memang rencana redenominasi akan dijalankan kembali, maka pemerintah dan bank sentral memang harus benar-benar melakukan sosialisasi yang intensif kepada masyarakat.

"Sosialisasi itu harus dilakukan secara masif karena ini soal uang. Kalaupun RUU ini masuk Prolegnas pasti kami akan menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan banyak pihak. Supaya tidak salah langkah," kata dia.

Dari laman resmi bi.go.id redenominasi adalah penyederhanaan dan penyetaraan nilai Rupiah. Memang akan ada angka nol yang hilang, tapi redenominasi ini berbeda dengan sanering atau pemotongan nilai uang yang bertujuan menurunkan daya beli masyarakat.

Redenominasi ini biasanya dilakukan dalam kondisi ekonomi yang stabil dan menuju ke arah yang lebih sehat. Sementara itu sanering adalah pemotongan uang dalam kondisi perekonomian yang tidak sehat.



Penjelasan Redenominasi oleh Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed