Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 01 Agu 2019 20:35 WIB

Ini Caranya Bisa Aktif Lagi Terima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi peserta BPJS Kesehatan/Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom Ilustrasi peserta BPJS Kesehatan/Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
Jakarta - Kementerian Sosial dan BPJS Kesehatan menonaktifkan 5.227.852 peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Beberapa faktor seperti data tak valid menjadi alasannya.

Namun, 'mantan' PBI tersebut dapat mengaktifkan lagi keikutsertaannya dalam PBI apabila mampu memenuhi syarat. Apa saja langkah yang harus dilakukan?

Pertama, melakukan pengecekan status PBI BPJS Kesehatan yang dapat dilakukan melalui kantor layanan BPJS Kesehatan maupun layanan interaksi lainnya dari pusat bantuan BPJS Kesehatan. Seperti kasus peserta yang sudah lama tak menggunakan layanan PBI dapat mengecek statusnya

"Misalnya yang empat tahun itu bisa tahu (status keikutsertaan) bagaimana? Kan mereka sudah empat tahun nggak pernah pakai. Ya ketahuan kalau mereka mau periksa terus nggak bisa itu baru. Atau cek sendiri ke BPJS," tutur Kepala Biro Humas Kemensos Sonny Manalu, di kantor Kemensos, Jakarta, Kamis (1/8/2019).


Apabila sudah mengetahui bahwa statusnya tak lagi aktif, maka langkah selanjutnya adalah melapor ke kantor kelurahan.

"Nanti masyarakat yang mau daftar lagi mulainya dari (pengurus) desa atau kelurahan. Nanti desa atau kelurahan tersebut update," terang Sonny.

Ketiga, yaitu petugas dari desa atau kelurahan setempat perlu memberikan laporan terkini kepada Dinas Sosial setempat terkait status kelayakan 'mantan' PBI tersebut yang masih berhak menerima bantuan. Apabila tingkat kabupaten/kota sudah memiliki data terkini, maka dilanjutkan ke tingkat provinsi, terakhir dilanjutkan ke pusat yakni Kementerian Sosial.

"Setelah itu desa ajukan lewat Dinas Sosial kabupaten/kota. Nanti lanjut tingkat provinsi, baru ke pusat, Kemensos," jelas dia.


Langkah terakhir, yakni menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial untuk menetapkan siapa saja peserta PBI yang telah dinonaktifkan, kemudian aktif kembali.

"Ya pasti lah (harus menunggu SK Mensos). Kalau tidak ya gimana caranya? Kecuali bayar sendiri ya bisa langsung pergi ke RS," tandasnya.

Simak Video "Keanggotaan BPJS Kesehatan 200 Lebih Ribu Warga Dinonaktifkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com