Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Agu 2019 19:54 WIB

Listrik Padam Massal, Bank Mandiri: Nggak Ada Kerugian

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Tragedi pemadaman listrik yang terjadi di beberapa wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan Jakarta menghambat aktivitas masyarakat. Termasuk dalam hal penarikan uang di beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri, Hery Gunardi menyebutkan ada impact terhadap ATM dan Electronic Data Capture (EDC) Bank Mandiri atas padamnya listrik hari Minggu kemarin.

"Yang pertama tentunya pasti ada impact kan. Artinya ada butuh waktu switch on dari listrik yang di PLN ke genset gitu. Pada akhirnya yang ada di gedung-gedung bank mandiri, misalnya ATM itu enggak ada masalah. Tapi yang bermasalah kalau dia stand alone kalo enggak ada genset," kata Hery di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (5/8/2019).


Menurutnya tidak ada kekacauan yang berarti saat padamnya listrik selama lebih dari 6 jam tersebut. Ia juga menyatakan bahwa tidak ada kerugian yang dialami oleh Bank Mandiri.

"Tidak ada kekacauan, karena kita punya genset yang cukup mengcover. Enggak ada kerugian, enggak ada, aman," katanya.

Untuk masalah mitigasi, Hery menegaskan bahwa Bank Mandiri sudah melakukan beberapa tindakan pengecekan.

"Mitigasinya kami minta ke semua business unit untuk memastikan. Ngecek lagi gensetnya, ngecek lagi UPS-nya, ngecek lagi ac-nya, kalo mesin kan harus dingin. Itu sudah dilakukan kemarin, semua berjalan baik," ungkapnya.

Kendati ATM dan EDC yang berada di dalam gedung tetap beroperasi, tapi m-banking Mandiri tetap mengalami masalah. Namun, menurut Hery hal itu sangat mungkin terjadi karena pemadaman listrik yang cukup lama itu berimbas pada provider dan jaringan

"Gini kalo kemarin kan agak susah memang ya kalo listrik mati cukup lama sampe 6 jam gitu kan pasti provider, lebih ke jaringan kemarin juga ada masalah kan banyak yang ga bisa dihubungin lewat WhatsApp juga kan. Tapi kalau sekarang saya rasa sudah normal," pungkasnya.

Simak Video "Saldo Nasabah Mendadak Berubah, Bank Mandiri: Ada Eror di Sistem"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com