Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Feb 2020 18:38 WIB

Bunga Acuan BI Sudah Terpangkas ke 4,75%, Bunga Kredit Kapan Turun?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Warga menukarkan uang baru pecahan yang ditukarkan khusus untuk angpau Hari Raya Idul Fitri, di Bank Indonesia (BI) Jakarta, Jumat (18/7/2014). Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) telah menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 4,75%. Pemangkasan ini merupakan yang pertama di tahun 2020.

Jika suku bunga acuan bank sentral sudah turun, lalu bunga kredit perbankan kapan turunnya?

Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Hery Gunardi menjelaskan dari penurunan bunga acuan tersebut, bank biasanya akan mengikuti penurunan suku bunga deposito lebih dulu.

"Biasanya penurunan bunga acuan akan diikuti oleh suku bunga dana, termasuk bunga deposito. Sebelum penurunan suku bunga kredit," kata Hery kepada detikcom, Kamis (20/2/2020).

Dia menjelaskan jangka waktu penurunan ini biasanya akan terasa 3-5 bulan ke depan. Hery menyebut dengan penurunan bunga acuan ini masih ada ruang untuk penurunan bunga kredit.

Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi mengungkapkan memang dibutuhkan waktu agar penurunan bunga acuan bisa ditransmisikan ke bunga kredit.

"Ya butuh waktu untuk transmisi ke bunga kredit kurang lebih paling cepat 1-2 bulan lah," jelas dia. Dia menjelaskan, hampir seluruh sektor kredit akan merasakan dampak penurunan bunga acuan.

Direktur Bank Tabungan Negara (BTN) Nixon Napitupulu mengungkapkan penurunan yang dilakukan oleh BI sangat baik untuk perbankan.

Dia menyebut selalu ada ruang untuk penyesuaian bunga kredit, meskipun hal tersebut tak bisa dilangsungkan seketika.

"Penurunan biasanya melihat jangka waktu deposito dan masing-masing bank. Karena penyesuaian bunga mengikuti jatuh tempo dan kondisi likuiditas masing-masing bank," jelas dia.



Simak Video "Kolaborasi E-UKM Surabaya Tetap Tegak di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com