Pandemi COVID-19, BRI Catatkan 2,73 Miliar Transaksi e-Banking

Yudistira Imandiar - detikFinance
Selasa, 12 Mei 2020 16:41 WIB
Direktur Konsumer Bank BRI Handayani
Foto: Dok. Bank BRI
Jakarta -

Imbauan physical distancing dan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah untuk mencegah COVID-19, membuat masyarakat lebih banyak tinggal di rumah. Situasi tersebut turut mengubah pola transaksi keuangan ke medium digital.

Direktur Konsumer BRI mengatakan terjadi peningkatan transaksi digital selama pandemi COVID-19. Sepanjang tahun 2020, tercatat 2,73 miliar transaksi di elektronik banking Bank BRI, baik melalui platform digital dan nondigital dengan nominal transaksi Rp 1.928 triliun. Secara year-on-year, jumlah transaksi bulan April 2020 meningkat 18,71% dan volume transaksi meningkat 7,94% dari tahun lalu.

Channel Internet Banking/BRImo mengalami kenaikan jumlah transaksi dan volume transaksi year-on-year paling signifikan. Pada periode April 2020, channel Internet Banking/BRImo mengalami peningkatan jumlah transaksi 73,08% dan volume transaksi meningkat 21,08% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Kenaikan signifikan terjadi pada channel Internet Banking/BRImo maupun SMS Banking sejak dimulainya pelaksanaan WFH atau PSBB pada periode Maret-April," ungkap Handayani dalam keterangan resmi BRI, Selasa (12/5/2020).

Sebagai bentuk dukungan pencegahan COVID-19 Handayani mengatakan, pihaknya terus mengampanyekan transaksi #DirumahAja melalui BRImo untuk kebutuhan layanan transaksi. BRI juga memberikan berbagai promo transaksi melalui channel digitalnya tersebut.

"Memanfaatkan momentum ini pula, BRI terus memperbanyak promo-promo BRIMO dan transaksi di e-commerce. Promo tersebut berupa diskon maupun cashback untuk transaksi baik di BRImo, debit online, e-pay, direct debit, top up brizzi di merchant kerja sama BRI mulai dari groceries, kesehatan, pendidikan, fashion, gadget dan lainnya," ujarnya.

BRI turut mempermudah pengurusan administrasi agar masyarakat bisa melakukan physical distancing seperti pembukaan rekening tanpa harus ke kantor cabang.

"Selain itu kami juga memberikan kemudahan bagi nasabah yang sedang stay at home sekaligus menggiatkan masyarakat menggunakan transaksi digital antara lain pembukaan rekening melalui BRImo tanpa datang ke unit kerja, registrasi dan berbelanja menggunakan produk digital lending (Ceria) untuk bertransaksi di merchant online favorit, serta nasabah berhak untuk mendapatkan reward berupa BRI Poin dari setiap transaksi digitalnya," pungkasnya.

(prf/ara)