Harga Koin Rp 1.000 Kelapa Sawit yang Viral Dinilai Dilebih-lebihkan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 17 Jun 2020 16:13 WIB
tangkapan layar uang Rp 1.000 kelapa sawit
Foto: tangkapan layar uang Rp 1.000 kelapa sawit
Jakarta -

Uang logam pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit jadi perbincangan hangat di media sosial. Pemicunya gara-gara dijual mencapai ratusan juta rupiah.

Pertanyaannya apa benar harga uang koin tersebut mencapai ratusan juta? Salah satu kolektor dan penjual uang kuno asal Gresik Gus Ahmad Legen menilai harga ratusan juta tersebut hanya dibesar-besarkan oleh pihak tertentu.

"Sebenarnya yang viral sampai harga berjuta-juta itu menurut saya dilebih-lebihan. Kenyataannya tidak demikian, saya punya stok 3.000 keping dan harga jualnya normal Rp 2.500 sampai Rp 4.000 per keping," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (17/6/2020).


Dia mengungkapkan sejak uang kelapa sawit viral banyak orang yang menghubungi dia untuk menjual uang koin tersebut. Namun uang koin ditawarkan dengan harga yang mahal.

"Banyak yang telepon saya, 'pak mau beli koin saya nggak, harganya Rp 3 juta' ya saya bilang ngawur harganya. Dia bilang harganya mahal, ya saya sampaikan ke dia, jual saja ke sana di sini harganya normal," jelas dia.

Menurut dia, harga yang terlalu mahal hingga ratusan juta tersebut sangatlah tidak masuk akal. Pasalnya uang koin bergambar kelapa sawit masih banyak di masyarakat.

"teman-teman saya yang kolektor juga tertawa saja melihat berita uang koin itu harganya mahal sekali," imbuhnya.



Simak Video "Sosok Sudirno, Perancang Uang Rupiah yang Hidup Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)