Digital Banking Laris Manis, Bye-bye Layanan Kantor Bank

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 03 Jul 2020 18:05 WIB
mobile banking
Foto: shutterstock
Jakarta -

Layanan perbankan saat ini sudah makin banyak menggunakan teknologi. Mulai dari mobile banking sampai internet banking. Direktur PT Bank Mandiri Tbk Rico Usthavia Frans menjelaskan saat ini memang terjadi pergeseran transaksi manual ke digital.

Tercermin dari angka transaksi melalui e channel yang terus meningkat. "Sekarang transaksi melalui e channel itu sudah 97%, jadi transaksi di kantor cabang itu sudah kurang dari 3%," kata dia dalam diskusi online, Jumat (3/7/2020).

Dia mengungkapkan, selain itu transaksi di mesin ATM juga tercatat mengalami penurunan, mesin electronic data capture (EDC) juga flat. Namun untuk internet banking ini sudah 40% dan tahun ini ditargetkan bisa lebih dari 50%.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Vera Eve Lim mengungkapkan transaksi digital di perbankan memang saat ini makin bertambah.

Menurut dia dengan digitalisasi ini bukan berarti pegawai kehilangan pekerjaan. Namun para pegawai justru harus lebih kreatif dalam bekerja karena harus terus mengikuti perkembangan teknologi.

"Justru bukan kehilangan pekerjaan, ini adalah peluang baru karena harus upgrade skill ya," jelas dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemerintah Titip Dana PEN di Bank Sulselbar-Kalbar Rp 1,5 T"
[Gambas:Video 20detik]