Hasilnya Dirilis Senin, Ini Kilas Balik Seleksi 3 Calon DG BI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 09 Jul 2020 06:31 WIB
logo bank indonesia
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Seleksi tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) telah digelar di Komisi XI DPR RI. Ketiga calon telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) serta memaparkan visi misi di depan anggota DPR.

Komisi XI DPR RI menyebut hasil seleksi akan diumumkan pada Senin pekan depan. Pasalnya DPR masih harus melakukan konsultasi dengan fraksi terkait pemilihan tersebut.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI sekaligus pimpinan rapat Eriko Sotarduga mengungkapkan saat ini Komisi XI sepakat untuk melakukan konsultasi ke fraksi masing-masing partai pada Senin.

"Karena semua harus disampaikan apa yang sudah dipaparkan oleh masing-masing calon DG," kata dia di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Dia menjelaskan, hari fraksi jatuh pada Jumat dan saat itu baru akan diambil keputusan. Menurut dia pada Senin juga akan digelar rapat untuk pengambilan keputusan secara musyawarah mufakat atau voting. "Rapat dimulai jam 14.00 pada Senin," jelasnya.

Eriko mengatakan pada Senin sudah akan ada nama yang diumumkan untuk Deputi Gubernur BI terpilih. "Iya (sudah pasti ada nama)," jelasnya.

Profil Calon Deputi Gubernur BI:

1. Aida S Budiman

Aida saat ini masih menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Departemen Internasional BI.

Perempuan kelahiran Bogor 18 April 1965 ini juga pernah menjadi Analis Ekonomi Madya Senior Departemen Internasional BI pada periode 2007-2010.

Dia merupakan lulusan Agribisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 1987. Kemudian melanjutkan pendidikan di Southern California University-Economics dan meraih gelar Master pada 1996. Aida juga melanjutkan studi S3 di Claremont University pada 2002.

Dia memulai karier pertamanya di bank sentral pada 1991-1996 dengan posisi staf.

2. Doni Primanto Joewono

Doni memulai karier di BI pada periode 1991 sebagai Staf Direktur Pengelolaan Moneter. Kemudian karier Doni mulai meningkat yakni menjadi Peneliti Ekonomi Junior Direktur Pengelolaan Moneter, selanjutnya Deputi Kepala Bagian Direktur Statistik Ekonomi dan Moneter.

Pada 2005-2008 Doni menjadi Peneliti Ekonomi Kantor Perwakilan BI di London. Kemudian pada 2012-2013 Doni menjadi Kepala Kantor Perwakilan BI Solo.
Pada 2015 Doni menjadi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta dan pada 2018 Doni menjadi kepala perwakilan Kpw BI Provinsi Jawa Barat.

Doni lahir di Surabaya pada 24 Februari 1965. Ia menempuh pendidikan sarjana di bidang ekonomi & studi pembangunan Universitas Sebelas Maret pada 1988. Kemudian dia melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia jurusan Administrasi dan meraih gelar master pada 2004.

3. Juda Agung

Juda saat ini masih menjadi Asisten Gubernur BI/Kepala Departemen Makroprudensial. Dia juga pernah menjadi Direktur Eksekutif International Monetary Fund (IMF). Pria kelahiran Pontianak 16 Agustus 1964 ini merupakan lulusan Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor pada 1987.

Saat memulai karier di BI pada 1991 lalu, Juda menjadi Staf Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)