Bank Mana yang Paling Kena Dampak Corona?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 29 Jul 2020 20:20 WIB
Bank kurangi pegawai
Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim
Jakarta -

Virus Corona memberikan dampak yang besar bagi dunia usaha, termasuk perbankan. Namun, dampak ke bank berbeda-beda tergantung segmen bisnis bank.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, berdasarkan survei McKinsey perbankan yang terdampak paling besar ialah segmen mikro.

"Kalau kita lihat konsensus dari survei McKinsey globally bahwa yang akan terdampak signifikan yang akan mengalami penurunan revenue paling drastis ada segmen mikro dan kedua segmen ritel," katanya dalam sebuah webinar, Rabu (29/7/2020).

Pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan, COVID-19 memberikan tekanan baik dari sisi supply dan demand. Usaha mikro hingga menengah paling terdampak signifikan karena tidak bisa berusaha.

"Dan itu terasa bulan Februari, Maret, April, Mei, Juni di mana penutupan-penutupan pasar-pasar, penutupan mal berdampak sangat serius kemampuan pengusaha kecil dan mikro untuk berusaha, dan langsung berdampak kemampuan mereka melakukan pembayaran pokok maupun bunganya," paparnya.

Meski begitu, Tiko menuturkan, COVID-19 juga memberikan dampak yang positif bagi perbankan. Lantaran, perbankan mengalami reformasi di mana sebelumnya 70-80% transasi dilakukan melalui kantor cabang kini mulai beralih ke platform digital.

"Ini satu hal yang positif akselerasi daripada adopsi digital diharapkan dalam jangka menengah meningkatkan efisiensi," tutupnya.



Simak Video "Bertambah 4.071, Kasus Covid-19 di Indonesia Mencapai 252.923"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/fdl)