Koperasi LiMa Garuda Pakai Iming-iming Keluarga Garudafood Tarik Anggota

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 02 Okt 2020 16:50 WIB
Uang Rupiah Baru
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) LiMa Garuda terjerat kasus gagal bayar dana simpanan anggota sebesar Rp 400 miliar. Kasus itu mencuat ke publik ketika seorang anggota berinisial YMS mengajukan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat karena KSP LiMa Garuda gagal membayar dana simpanan YMS senilai Rp 77 miliar yang sudah jatuh tempo.

Dalam kronologis yang diterima detikcom, YMS pertama bergabung dengan KSP LiMa Garuda pada November 2016. Namun, YMS telah ditawari untuk bergabung dengan KSP LiMa Garuda pada Juni 2016 dengan iming-iming bahwa KSP LiMa Garuda adalah perusahaan yang dimiliki keluarga dari PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood). Asalnya dari Pendiri sekaligus Ketua KSP LiMa Garuda Surachmat Sunjoto adalah anak dari pemegang saham Garudafood.

"Salah satu keluarga dari Pak SS (Surachmat Sunjoto) merupakan pemegang saham di Garudafood. Berdasarkan penuturan dari para nasabah selalu disebutkan bahwa beliau adalah keluarga dari salah satu pemegang saham di Garudafood," ungkap Kuasa Hukum YMS, Rival Mainur kepada detikcom, Jumat (2/10/2020).

Dalam kronologis kasus juga disebutkan, pada September 2016 pihak marketing dari KSP LiMa Garuda juga terus memberikan penawaran, bahkan memberikan hadiah produk Garudafood saat YMS berulang tahun.

"Menurut kami hadiah tersebut juga untuk menyakinkan kepada kami bahwa KSP LiMa Garuda adalah Group/Kelurga Garudafood, maka pada tanggal 17- November 2016 untuk pertama kali kami memutuskan bersedia menempatkan Dana simpanan di KSP LiMa Garuda," bunyi dokumen kronologis itu.

Melihat situs resmi perusahaan yakni 5garuda.com, KSP LiMa Garuda juga pernah mengunggah berita perayaan HUT LiMa Group. Dalam artikel itu, dituliskan HUT LiMa Group turut dihadiri oleh orang tua Surachmat Sunjoto yaitu Prodjo Handojo Sunjoto yang disebut-sebut sebagai pemegang saham Garudafood.

Dikutip dari data RTI, Prodjo Handojo Sunjoto memang terdaftar sebagai pemegang saham Garudafood. Namun, porsi kepemilikannya hanyalah sebesar 3,92%.

"Lalu juga di situs LiMa Garuda mereka internal membuat semacam seminar ada pamannya itu Pak Sudhamek (Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto selaku Komisaris Utama Garudafood) itu hadir juga," kata Perwakilan dari Keluarga YMS yang bernama Rachman Abiprabowo ketika dihubungi detikcom secara terpisah.

Selain itu, menurut Rachman marketing KSP LiMa Garuda memang selalu membawa iming-iming keluarga Garudafood untuk menjaring anggota.

"Marketing pada saat menjaring nasabah itu juga menyampaikan bahwa ini LiMa Garuda adalah afiliasi keluarga Garudafood. Itu sih sudah terkonfirmasi, orang tuanya Pak SS itu Prodjo Handojo Sunjoto pemegang saham Garudafood," tutup Rachman.



Simak Video "Ada Eks Orang Istana Jadi Direksi Jiwasraya, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)