Sebelum Maybank, Ini Sederet Skandal Uang Nasabah Bank Raib

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 09 Nov 2020 07:00 WIB
BUMN percetakan uang, Perum Peruri dibanjiri pesanan cetak uang dari Bank Indonesia (BI). Pihak Peruri mengaku sangat kewalahan untuk memenuhi pesanan uang dari BI yang mencapai miliaran lembar. Seorang petugas tampak merapihkan tumpukan uang di cash center Bank Negara Indonesia Pusat, kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (21/10/2013). (FOTO: Rachman Haryanto/detikFoto)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Maybank Indonesia Tbk beberapa waktu lalu membuat heboh jagat perbankan Indonesia. Adalah salah satu oknum Kepala Cabang yang membobol tabungan nasabah.

Tabungan sebanyak Rp 20 miliar milik Atlet eSport Winda Lunardi dan ibunya, Floleta ludes ditilap oleh oknum yang merupakan Kacab Maybank.

Kasus fraud semacam itu sebenarnya sering terjadi di dunia perbankan Indonesia. Besaran uang yang ditilap juga bermacam-macam, dari jutaan hingga triliunan rupiah. Berikut rangkuman detikcom:

1. Malinda Dee

Masih ingat dengan Malinda Dee? Wanita dengan nama asli Inong Malinda itu terbukti membobol dana nasabah di bank tempatnya bekerja, Citibank.

Kasus ini terkuat pada 2011 lalu. Menurut Jaksa, Malinda melakukan 117 transaksi pemindahan dana tanpa izin dan sepengetahuan pemilik rekening. Dengan total dana yang ditilap Malinda mencapai Rp 46,1 miliar lebih.

Transaksi tersebut terdiri atas 64 transaksi dalam rupiah, dengan nilai Rp 27.369.065.650 dan 53 transaksi dalam dolar AS dengan nilai US$ 2.082.427.

Pada 3 Maret 2012, Malinda Dee divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar subsider 3 bulan kurungan dalam kasus tindak pidana perbankan pencucian uang.

klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Penyelewengan di Perbankan Indonesia yang Sering Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]