Ramai-ramai Cairkan JHT BP Jamsostek, Bukti Nyata Tsunami PHK?

CNBC Indonesia - detikFinance
Senin, 16 Nov 2020 11:35 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)

Membludaknya jumlah pencairan ini membuat masyarakat sulit untuk mencairkan JHT-nya. Masyarakat mengeluhkan BPJSTK tidak menepati janji untuk menyesuaikan jadwal yang ditetapkan dalam pencairan JHT.

Beberapa keluhan peserta BPJSTK yang dikutip CNBC Indonesia adalah dari akun @singkeeknong, "Saya harusnya wawancara online dengan BPJSTK Jakarta Grogol Daan Mogot jam 9-10 pagi ini. Tapi sampai sekarang belum ada konfirmasi sama sekali dari cabang tersebut min," tulisnya.

Mengenai kesulitan pencairan JHT tersebut, Utoh mengklaim, semua kantor cabang sudah melakukan tugasnya masing-masing memenuhi jadwal yang telah ditentukan. Namun, memang beberapa mengalami kendala teknis karena dilakukan secara online.

Misalnya, kata dia, Tim BP Jamsostek di Kantor Cabang memiliki SLA (Service Level Agreement) Layanan dan selalu berusaha memenuhi jadwal interview.

Dalam praktiknya, proses interview melalui video call sering menemui kendala teknis di lapangan, seperti peserta tidak bisa dihubungi (karena HP tidak aktif ataupun tidak diangkat) atau konfirmasi dokumen yang diunggah tidak dapat dibaca.

Ia menegaskan pihaknya akan terus melakukan tugasnya dan menghubungi peserta yang sudah terjadwal untuk konfirmasi pencairan layanan JHT.

"Kantor cabang akan terus mencoba menghubungi peserta pengajuan klaim JHT yang sudah terjadwal untuk konfirmasi," ujarnya.


(ara/ara)