BRI & BVI Kerja Sama Tingkatkan Penetrasi Bisnis Pembiayaan Usaha

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Selasa, 01 Des 2020 22:46 WIB
BRI
Foto: BRI
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) dan PT BRI Ventura Investama (BVI) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU). MoU tersebut berisi perencanaan dan pengembangan melalui pembiayaan usaha dan penyertaan modal dalam bentuk hutang dalam jangka waktu tertentu.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Executive Vice President Wealth Management Division BRI Tina Meilina dan CEO BRI Ventures Niko Widjaja. Kegiatan penandatanganan ini juga dihadiri oleh Direktur Konsumer BRI Handayani.

"Sinergi ini nantinya akan diimplementasikan dalam beberapa aktivitas keuangan, yaitu literasi atau pengenalan produk venture fund, kegiatan konsultasi terkait produk venture fund sebagai produk investasi alternatif di BRI, serta kegiatan pemasaran produk venture fund," ungkap Handayani dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Melihat perkembangan bisnis startup di Indonesia berkembang pesat, Bank BRI melalui sinergi ini memberikan support kepada perusahaan anak dalam memasarkan Venture Fund kepada investor millennial HNWI (High Net Worth Individual) dalam hal ini ditujukan kepada segmentasi bisnis private banking BRI, agar menarik minat angel investor dan modal ventura untuk menanamkan modalnya.

BRI Ventures merupakan salah satu Perusahaan Modal Ventura di bawah naungan BRI Group. Sebelum diakuisisi oleh Bank BRI, di akhir 2019, BVI sebelumnya bernama PT Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura yang merupakan perusahaan modal ventura di bawah group Bahana Artha Ventura. Setelah diakuisisi oleh BRI, saat ini BVI fokus dalam pengembangan Start Up dan UMKM dalam ekosistem EARTH: Education, Agriculture & Maritime, Retail & Consumer Goods, Transportation & Logistic, Health and Medical Tech.

Saat ini BRI Ventures telah menerbitkan dana ventura bernama Sembrani Nusantara yang telah resmi mendapatkan izin dari OJK dan telah efektif terbit pada Juni 2020. Dana Ventura Sembrani Nusantara melirik area investasi di luar sektor teknologi finansial (fintech). Selain itu, dana ventura ini juga berfokus kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini tentunya akan memperkuat Bank BRI sebagai lembaga keuangan mikro terbesar di dunia.

(mul/ega)