Peluang Investasi Bitcoin, 'Emas Digital' yang Harganya Lagi Meroket

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 25 Des 2020 10:25 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Ilustrasi/Foto: DW (News)

Oscar bercerita bilang, saat awal Bitcoin masuk ke Indonesia harganya cuma Rp 3 juta per keping. Kini per kepingnya bisa mencapai Rp 270 juta.

Namun jangan khawatir bagi yang mau berinvestasi ke Bitcoin, dia menjelaskan transaksi Bitcoin bisa ditransaksikan secara eceran. Bitcoin bisa di jual beli dengan nominal desimal, puluhan ribu rupiah pun bisa saja jadi modal untuk membeli Bitcoin.

"Dulu, waktu pertama kali kita jual, harga bitcoin masih berkisar di bawah Rp 3 juta per satu bitcoin. Bitcoin ini bisa juga dijual 0 koma sekian, jadi dari dulu orang bisa transaksi Rp 50 ribu juga. Sekarang harganya sekitar Rp 270 juta," jelas Oscar.

Di sisi lain, Oscar juga menjamin keamanan Bitcoin di mata negara. Dia menjelaskan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya sudah terdaftar sebagai komoditas yang aman diperjualbelikan di Kementerian Perdagangan.

"Ada perkembangan regulasi baru dari Kementerian Perdagangan, mereka mengatur Bitcoin ini sebagai komoditas. Ada aturan kementerian menyatakan Bitcoin jadi komoditas, nah artinya ada peraturan yang mendukung kelegalan bitcoin di Indonesia," ujar Oscar.

"Jadi orang jual beli Bitcoin itu sama kayak jual beli barang dan hak kepemilikannya diakui karena dianggap sebagai komoditas," lanjutnya.

Halaman

(eds/eds)