Jokowi ke OJK: Pengawasan Tidak Boleh Mandul dan Masuk Angin!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 15 Jan 2021 20:35 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan harapannya untuk tahun 2021.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pelaku industri jasa keuangan menjaga kepercayaan pasar. Ia juga meminta agar kepercayaan masyarakat dijaga dengan sebaik-baiknya.

Jokowi meminta praktik-praktik yang merugikan masyarakat dan transaksi-transaksi yang menjurus fraud tidak terulang lagi. Ia meminta agar hal-hal tersebut ditindak tegas. Mantan walikota Solo ini meminta agar pengawasan OJK tidak boleh mandul. Ia juga meminta OJK mengeluarkan 'taringnya'.

"OJK dan para pelaku industri jasa keuangan harus menjaga kepercayaan pasar, menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata Jokowi dalam acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021, Jumat (15/1/2021).

"Dan tidak boleh ada lagi praktik-praktik yang merugikan masyarakat, transaksi keuangan yang menjurus ke fraud harus ditindak tegas. Pengawasan OJK juga tidak boleh mandul, tidak boleh masuk angin, harus mengeluarkan taringnya, dan menjaga kredibilitas dan integritas ini sangat penting," papar Jokowi.

Jokowi ingin sistem internal berstandar internasional. Sehingga, menimbulkan kepercayaan dunia pada industri jasa keuangan.

"Kita harus membangun sebuah sistem internal yang baik, membangun sistem berstandar internasional, sehingga kepercayaan dunia internasional pada industri jasa keuangan kita," terang Jokowi.

(acd/fdl)