Dogecoin, Saingan Bitcoin yang Meroket Lebih dari 800%

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 14:08 WIB
Dogecoin
Foto: The Independent
Jakarta -

Mata uang digital tengah naik daun. Setelah Bitcoin muncul mata uang digital lain, salah satunya Dogecoin. Cryptocurrency yang awalnya dibuat iseng dari sebuah meme itu nilai pasarnya kini melonjak lebih dari 800%.

Nilai koin digital ini meroket setelah sebuah grup di situs media sosial Reddit membicarakan soal cryptocurrency setara dengan GameStop. Biasanya grup itu lebih banyak membahas soal GameStop.

Harga Dogecoin kini mencapai US$ 0,070755 setara Rp 990,5 (kurs Rp 14.000/US$) Kamis (28/1) siang kemarin, atau naik lebih dari 800% dari 24 jam sebelumnya, menurut Coingecko dikutip dari CNBC, Jumat (29/1/2021).

Dengan begitu, nilai pasar Dogecoin saat ini bertambah sekitar US$ 7,17 miliar ke kapitalisasi pasar atau nilai totalnya. Total kapitalisasi pasarnya mencapai US$ 8,2 miliar, menempatkannya sebagai cryptocurrency terbesar kesembilan saat ini.

Untuk diketahui, Dogecoin dibuat pada tahun 2013. Logo koin digital ini diambil dari meme 'doge' yang merupakan anjing Shiba Inu asal Jepang. Dogecoin awalnya Ini dimulai sebagai lelucon semata akan tetapi sejak itu entah bagaimana terbentuk komunitas penggemar koin 'meme' tersebut.

Baru-baru ini, Dogecoin jadi sorotan setelah sebuah grup di Reddit bernama SatoshiStreetBets muncul dan secara intens membahas soal cryptocurrency. Memang maksud dari dibentuknya SatoshiStreetBets ini adalah untuk meningkatkan cryptocurrency.

Awal Januari 2020 lalu, Pendiri Tesla, Elon Musk juga sempat mencuit tentang Dogecoin. Elon Musk secara blak-blakan mengakui kalau dirinya turut menanam investasi di Dogecoin. Cuitan Musk itu bikin harga Dogecoin meroket.

(fdl/fdl)