OJK Sebut Pengaduan Asuransi karena Agen Tidak Jelaskan Produk

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 14 Apr 2021 20:15 WIB
Asuransi
Foto: Shutterstock

Agus menyebut dari sisi PUJK dibutuhkan edukasi yang kompehensif kepada konsumen terkait skema produk khususnya investasi. Karena itu para agen asuransi wajib menjelaskan produk secara detil. Tak hanya potensi manfaat, tapi juga biaya sampai risiko harus dijelaskan.

Kemudian agen juga dilarang meminta konsumen untuk menandatangani formulir pengajuan asuransi dalam keadaan kosong. Selanjutnya proses welcome call, tidak menggiring konsumen dengan pertanyaan yang menjebak.

Proses penawaran juga harus terdokumentasi dengan baik. Terakhir perlu dibuat daftar hitam agen nakal. Karena mayoritas pengaduan yang masuk ke OJK agen yang menawarkan sudah tidak bekerja lagi di perusahaan asuransi.

Selanjutnya dari sisi konsumen,pada saat ditawarkan produk calon konsumen juga harus meminta penjelasan secara detail dan komprehensif. "Kalau konsumen diminta menandatangani formulir pengajuan asuransi keadaan kosong jangan mau. Konsumen juga harus baca polis dan bertanya kalau ada yang tidak dipahami," imbuh dia.


(fdl/fdl)