Mengenal Royke Tumilaar, Dirut BNI & Kiprahnya 32 Tahun Berkarier

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 14:08 WIB
Jakarta -

Keberhasilan sebuah perusahaan tak terlepas dari peran pemimpinnya. Seorang leader itu seperti wajah perusahaan. Setidaknya itu yang diyakini oleh Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.

Lebih dari 32 tahun bekerja di industri bank, Royke tentu memiliki banyak pengalaman. Dalam tayangan Ngobrol Seru Semaunya episode 31 di YouTube CXO, Founder CXO Media Putri Tanjung mengupas lebih dalam sosok Royke sebagai seorang leader dari salah satu bank terbesar di Indonesia dan pengalamannya bekerja di industri ini.

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, segala sektor ikut terdampak termasuk bisnis perbankan. Namun hal itu, bukan menjadi hal yang mematahkan semangat Royke dalam mengembangkan BNI. Situasi tersebut, lanjutnya, justru menjadi kesempatan bayinya untuk membuka peluang-peluang baru.

"Kebetulan aku bukan orang yang suka sesuatu yang statis. Kondisi seperti ini buatku malah menarik. Banyak opportunity yang bisa kita buat, kreativitas kita muncul," katanya.

"Pas pandemi ini aku bilang yuk kita lakukan transformasi bisnis karena kalau tidak kita akan terlambat recovery-nya atau kita ketinggalan dari kompetitor kita atau kita akan sulit capai visi kita ke depan ini," imbuhnya.

Ia berujar telah mengalami beberapa krisis ekonomi seperti krisis 1998 hingga krisis finansial 2008. Dari pengalamannya menghadapi krisis itu, ia mendapatkan suatu kunci penting agar bisnis tetap berjalan dengan baik.

"Saya kebetulan udah ngalamin krisis-krisis, financial crisis, terus pernah dulu krisis Asia, terus fiancial crisis 2008 waktu Amerika kena krisis. Dari pengalaman itu, nomor satu kita harus siapin komunikasi yang baik ke customer, karyawan dan stakeholder, itu yang paling penting. Jadi komunikasi itu penting," ujarnya.

Ia menyadari perubahan yang terjadi saat ini berlangsung dengan begitu cepat seiring berkembangnya teknologi dan informasi. Oleh karena itu, ia selalu ingin membangun karyawan-karyawannya agar mampu mengikuti segala perubahan-perubahan yang akan terjadi ke depan.

BNI Foto: CXO Media

"Sekarang BNI ini dengan jumlah total kurang lebih 50.000 itu udah 60 persen (pekerjanya) anak muda milenial. Saya punya keinginan untuk mengakselerasi mereka lebih cepat lagi karena market udah berubah banget," tuturnya.

Ia juga mengungkapkan ada empat hal yang harus dilakukan agar bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Ia menyebutnya dengan RACE yaitu Risk Culture, Agile, Colaborative, dan Execution.

"Namanya perubahan ini cepat banget jadi kita harus kejar. Aku bilang namanya RACE. Nomor satu risk culture, kedua agile, ketiga harus colaborative nggak bisa sendiri. Kalau colaborative value-nya lebih tinggi. Satu lagi eksekusi. Eksekusinya harus benar. Karena buat apa ada program ada strategi tapi eksekusinya nggak bisa," ujar Roy.

Ia pun memberikan beberapa pesan kepada anak muda khususnya anak muda yang ingin menjadi young leader. Ia berpesan agar anak muda harus menjaga networking, melihat sesuatu harus berkelanjutan dan tidak pernah berhenti belajar.

"Proses tetap harus ada. Anak muda harus lihat sesuatu yang berkelanjutan. Kedua kita harus mempersiapkan diri dengan bergaul seluas-luasnya, karena kita nggak tau mana yang bagus atau jelek. Walau bagaimana pun bisnis itu soal network juga. Pakai waktumu jangan untuk kumpul dengan yang itu-itu saja. Itu akan membantu masa depan kalian. Lalu jangan berhenti belajar supaya kita bukan jadi orang yang biasa-biasa saja," tukasnya.

Terakhir, Royke pun mengungkapkan harapan serta keinginannya membangun BNI dalam 5 tahun ke depan.

"Dalam 5 tahun kita ingin buat suatu loncatan-loncatan yang BNI menjadi suatu bank yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia, bank yang prosfesional, adaptif. Aku ingin orang-orang merasa terbantu dengan adanya BNI dalam hal solusi keuangan. Aku yakin itu hisa kita wujudkan kurang dari 5 tahun," pungkasnya.

Sebagai informasi, saat ini BNI juga tengah bekerja sama dengan Garuda Indonesia menghadirkan Garuda Indonesia Online Fair Best Travel Deal bagi Anda yang sedang memiliki rencana liburan. Program ini akan berlangsung sejak 27 April - 2 Mei 2021. Hanya dengan memakai Kartu BNI-Garuda baik kredit maupun debit, Anda bisa mendapatkan Welcome Garuda Miles hingga 10.000 + cashback Rp 1 juta.

(akn/hns)

Tag Terpopuler