Pemerintah Jual Surat Utang Bunganya 5,1%, Mau Beli?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 10:55 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Foto: Pradita Utama

Dia mengungkapkan hal ini karena negara berupaya memenuhi kebutuhan pembiayaan. Karena dari sisi pajak mengalami penurunan akibat lemahnya aktivitas ekonomi. Apalagi ada juga insentif pajak untuk mendukung dunia usaha.

Namun belanja mengalami peningkatan seperti untuk penanganan pandemi seperti penyediaan vaksin gratis sampai perawatan masyarakat. "Kita bantu masyarakat untuk mendorong daya beli seperti iuran kesehatan, sembako, PKH dan mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Deni menjelaskan saat ini pemulihan ekonomi sudah menunjukkan tren membaik. Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam raker dengan DPR memproyeksi ekonomi nasional pada kuartal II tahun ini bisa mencapai 7,1% - 8,3%.


(kil/fdl)