Belanja di Thailand Nggak Perlu Tukar Uang, Bisa Pakai QRIS Made in RI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 23 Agu 2021 14:18 WIB
Scan QRIS
Ilustrasi/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Layanan pembayaran menggunakan QR semakin berkembang pesat. Pasalnya Bank Indonesia (BI) yang merupakan regulator sistem pembayaran memperluas jangkauan QRIS ke Thailand.

Di Indonesia QRIS sudah dikembangkan selama dua tahun. QRIS ini ada pada OVO, Gopay, Shopeepay hingga layanan QR pada perbankan seperti BCA.

Dengan kerja sama QR lintas batas negara ini maka nantinya wisatawan Indonesia yang ke Thailand bisa menggunakan QRIS untuk alat pembayaran. Begitupun sebaliknya.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta menjelaskan, turis Indonesia tidak repot menukarkan uang atau mengambil uang di ATM bank-bank Thailand.

"Nah dengan adanya QRIS antar negara itu, kalau belanja apa-apa di sini pakai handphone tinggal ditempelin, mau ke mana ke Thailand udah nggak usah tukar uang tinggal ditempelin," kata dia dalam Taklimat Media, Senin (23/8/2021).

Menurut dia, nantinya biaya transaksi dengan menggunakan QRIS jauh lebih murah dibandingkan dengan turis harus menukarkan uangnya di money changer atau mengambil uang di ATM.

"Pakai QRIS ini pasti biayanya lebih murah dibandingkan ambil uang di luar negeri, kalau QRIS ini nggak usah mikir kalau mau berangkat ya berangkat aja asal diisi saldonya," jelas dia.

Filianingsih menambahkan, saat ini rencana penggunaan QRIS untuk berbelanja di Thailand masih dalam tahap pilot project. Ia mengungkapkan, telah ada 11 Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) dan tiga bank yaitu BRI, BNI, dan BCA yang ikut dalam project ini.

Namun demikian, dia menyebut tidak menutup kemungkinan bagi PJP atau bank lainnya bisa mengikuti rencana ini, setelah pilot project berjalan dengan mulus.

"Kalau sudah berjalan silahkan PJP yang punya izin QRIS silahkan ikutan, dan bank lain silahkan ikutan," jelasnya.

Ada bank lain yang bekerja sama menyelenggarakan layanan pembayaran QR code. Cek halaman berikutnya.