5 Fakta di Balik Perburuan Utang Pengemplang BLBI, Ada yang Bikin Kaget!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 06:00 WIB
Pengemplang Dana BLBI
5 Fakta di Balik Perburuan Utang Pengemplang BLBI, Ada yang Bikin Kaget!
Jakarta -

Pemerintah melalui Satgas BLBI terus memburu pihak-pihak yang punya urusan utang dengan negara. Pemerintah pun menyampaikan perkembangan terkini dalam perburuan tersebut dalam konferensi pers yang digelar hari ini, Selasa (21/9/2021).

Berikut fakta-fakta terbarunya:

1. 24 Pemanggilan Dilakukan Satgas

Satgas BLBI telah melakukan 24 kali pemanggilan. Pemanggilan terhadap debitur atau obligor telah mendapat respons yang terbagi dalam 5 kelompok.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kelompok pertama ialah hadir dan mengaku bahwa mereka memiliki utang terhadap negara. Mereka menyusun rencana menyelesaikan utangnya.

"Dari 24 ini ada yang hadir dan kemudian mengakui bahwa mereka memiliki utang atau kewajiban kepada negara dan kemudian menyusun rencana penyelesaian utangnya," katanya.

Kelompok kedua, hadir atau diwakili. Namun, rencana penyelesaian utang tersebut tidak realistis sehingga ditolak tim. Kelompok ketiga adalah yang hadir namun mereka menyatakan tidak memiliki utang kepada negara. Kelompok keempat, tidak hadir namun mereka menyampaikan surat janji untuk penyelesaian.

"Dan yang kelima adalah kelompok yang tidak hadir," katanya.

2. Pemerintah Sita Harta Kahadurin Ongko

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah telah melakukan penyitaan harta salah satu oblogor yakni Kaharudin Ongko. Sri Mulyani bilang, Satgas BLBI pada tanggal 20 September lalu telah melakukan penyitaan sekaligus mencairkan harta kekayaan yang bersangkutan dalam bentuk escrow account di salah satu bank nasional.

"Jumlah escrow account tersebut sebesar Rp 664.974.593 dan escrow account dalam bentuk dolar AS sebesar US$ 7.637.605, kalau dikonversi dalam kurs menjadi Rp 109.508.496.559," terangnya.

"Ini adalah escrow account yang kita sita dan mencairkan untuk kemudian masuk ke kas negara," tambahnya.

Simak juga video 'Mahfud Ungkap Jokowi Restui Lahan Hasil Sitaan BLBI Dijadikan Lapas':

[Gambas:Video 20detik]



Fakta lainnya di halaman selanjutnya.