8 BUMN Disuntik PMN Tahun Depan, Total buat BNI & BTN Rp 5,48 T

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 22:27 WIB
Petugas menyusun uang di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Jumat (17/6/2016). Bank BUMN tersebut menyiapkan lebih dari 16.200 Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk melayani kebutuhan uang tunai saat lebaran. BNI memastikan memenuhi seluruh kebutuhan uang tunai yang diperkirakan mencapai lebih dari Rp 62 triliun atau naik 8% dari realisasi tahun sebelumnya. (Foto: Rachman Harryanto/detikcom)
Ilustrasi suntikan penyertaan modal negara (PMN)/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

8 BUMN mendapat suntikan penyertaan modal negara di 2022. Ini merupakan hasil rapat kerja Komisi VI DPR dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Rabu (22/9/2021).

Di sela pembacaan kesimpulan, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, Badan Anggaran (Banggar) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga telah menyetujui pemberian PMN untuk beberapa BUMN.

Hal itu pun kemudian masuk ke kesimpulan rapat yang tertulis Komisi VI menyetujui usulan tambahan PMN dalam cadangan pembiayaan investasi tahun anggaran 2022

"Izin pimpinan barusan diinfo, hasil pertemuan Banggar dan Kemenkeu, waktu itu kan Komisi VI juga mendorong beberapa perusahaan untuk dapat bantuan PMN. Waktu itu yang dipanggil BTN, BNI, holding pariwisata. Izin maaf, baru dapat infonya mereka sudah mengetok disetujui," Erick Thohir

Berikut daftar BUMN Penerima PMN di 2022:

Perum Perumnas Rp 1,57 triliun
PT PLN (Persero) Rp 5 triliun
PT Hutama Karya (Persero) Rp 23,85 triliun
PT Waskita Karya (Persero) Tbk Rp 3 triliun
PT Adhi Karya (Persero) Tbk Rp 1,98 triliun
PT Hutama Karya (Persero) Rp 7,5 triliun
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Rp 3,5 triliun
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Rp 1,98 triliun
PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Rp 7,25 triliun

(acd/hns)