BNI Xpora Hadir di Kota yang Dipimpin Gibran, Bidik Ekspor UKM

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 19:57 WIB
Kantor BNI Xpora di Jalan Ir Sutami, Solo.
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom: Kantor BNI Xpora di Jalan Ir Sutami, Solo.
Solo -

Solo menjadi satu dari tujuh kota pertama di Indonesia yang sudah bisa memanfaatkan layanan BNI Xpora. Melalui program ini, Usaha Kecil Menengah (UKM) didorong untuk melakukan ekspor dengan memanfaatkan platform digital.

Kapala Kantor BNI Wilayah 17 Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan, Muhammad Hisyam, mengatakan Solo dipilih karena potensi ekspor yang besar. Produk unggulan UKM asal Solo, yakni garmen, garmen, kerajinan dan mebel.

"Di antara daerah yang kita bina, UKM yang bergerak di Solo ini secara angka paling tinggi, terutama industri garmen, handicraft dan furniture," kata Hisyam usai pelunfuran di BNI Jalan Ir Sutami, Jebres, Solo, Kamis (21/10/2021).

Pada peluncuran hari ini, baru ada 70 UKM yang bergabung dengan Xpora. Menurutnya, jumlah tersebut akan terus bertambah, karena sebelumnya BNI sudah memiliki UKM binaan yang berpotensi melakukan perdagangan ekspor impor.

"Kebanyakan kalau garmen itu seperti batik tulis maupun printing. Kalau mebel itu ada yang dari kayu, kayu lapis dan rotan," ujarnya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik halaman kedua

Melalui Xpora, peran BNI antara lain melakukan pendampingan hingga menghubungkan antara produsen dengan konsumen di luar negeri. Selain itu, BNI juga memotong jalur distribusi yang biasanya harus melalui makelar.

"Kehadiran kami lebih ke arah melakukan bussiness matching supaya memotong makelar-makelar, sehingga mereka bisa langsung ketemu buyer di sana, dan itu memberikan keuntungan lebih banyak bagi UKM kita," kata dia.

Hisyam menyebut saat ini ekspor dari Solo sudah merambah ke Asia Timur, Eropa, hingga Amerika Selatan. Dia mencontohkan sejumlah UKM di desa produsen rotan di Trangsan, Gatak, Sukoharjo yang sudah mengekspor ke Korea Selatan.

"Di Korea itu ada tradisi menghantarkan makanan, buah-buahan pada waktu bulan terlihat paling besar. Hantaran itu pakai rotan yang dibuat dari Gatak," ujarnya.

Adapun Peluncuran BNI Xpora dilaksanakan bersamaan dengan Acara Opening Ceremony Trade Expo Indonesia (TEI) Tahun 2021 yang diusung Kementerian Perdagangan Republik Indonesia di Jakarta, Kamis (21/10/2021). Untuk pertama kalinya, Xpora diluncurkan di tujuh kota, yakni Medan, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Pada kesempatan tersebut, Peluncuran BNI Xpora dilakukan oleh Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi. "Izinkan pada kesempatan ini kami memperkenalkan BNI Xpora. Xpora merupakan bentuk dukungan BNI terhadap pelaku usaha nasional khususnya UMKM untuk mengembangkan usahanya agar Go Global. Layanan BNI Xpora ini dapat diakses melalui digital platform," ungkap Susi dalam keterangan tertulis, Kamis (21/10/2021).

(bai/hns)