Orang RI ke Negara Ini Tak Perlu Tukar Rupiah, Bisa Belanja 'Modal Jempol'

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 20:00 WIB
QRIS
Ilustrasi/Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Saat ini berbelanja tanpa uang tunai makin mudah. Dengan adanya QR Indonesian Standard atau QRIS pembayaran bisa dilakukan hanya 'modal jempol'.

QRIS memungkinkan para pengguna untuk membayar di toko yang sudah menyediakan fasilitas tersebut. Selain itu, QRIS sekarang sudah bisa digunakan di luar negeri, salah satunya di Thailand.

Jadi jika ada wisatawan asal Indonesia yang datang ke Thailand, bisa menggunakan aplikasi ewallet atau mobile banking yang sudah memiliki QRIS untuk pembayaran. Begitupun sebaliknya, orang Thailand yang ke Indonesia bisa membayar menggunakan aplikasi yang sudah terintegrasi QRIS.

Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Retno Ponco Windarti QRIS memang bisa digunakan untuk lintas negara.

"Pada 17 Agustus kemarin, kita sudah soft launching QRIS cross border dengan Thailand. Sekarang sudah piloting, sebentar lagi kalau sudah cross border kalau ke Thailand cukup pakai QRIS," kata dia dalam acara BIRAMA, Jumat (3/12/2021).

QRIS nantinya bisa digunakan di berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, sampai Arab Saudi. Nah untuk di Arab Saudi ini diharapkan bisa memudahkan jemaah umrah dan haji saat melakukan transaksi.

Jumlah UMKM pengguna QRIS di halaman berikutnya.