Follow detikFinance
Jumat 06 Jan 2017, 08:01 WIB

Bisnis Ayam Suwir, Suami Istri Ini Raup Omzet Hingga Rp 100 Juta/Bulan

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Bisnis Ayam Suwir, Suami Istri Ini Raup Omzet Hingga Rp 100 Juta/Bulan Foto: Dok.Instagram suwarsuwirid
Jakarta - Kuliner tradisional bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan, misalnya ayam suwir. Dengan kemasan menarik dan aneka pilihan rasa, ayam suwir bisa menjadi menu incaran.

Contohnya, produk Suwar Suwir milik pasangan suami istri Made dan Devina. Meski kuliner ayam suwir berasal dari Bali, Suwar Suwir diracik dengan resep keluarga.

Ada 5 jenis menu Suwar Suwir yaitu suwir sapi cabai, ayam suwir Matah, ayam suwir Combrang, ayam suwir Betutu, dan ayam suwir Srondeng.

"Yang membedakan lebih ke bumbu-bumbunya. Ayam suwir kecombrang misalnya pakai kecombrang. Yang matah pakai bawang merah dan cabai rawit. Dan lain-lainnya sesuai dengan namanya," ujar Devina kepada detikFinance, Kamis (5/1/2017).

Bisnis Ayam Suwir, Suami Istri Ini Raup Omzet Hingga Rp 100 Juta/BulanFoto: Dok.Instagram suwarsuwirid


Suwar Suwir pertama kali dipasarkan pada 2015. Konsumennya adalah orang-orang kantoran di seputaran Jakarta. Agar makin dikenal, Devina juga memasarkan produk Suwar-Suwir lewat bazar.

"Waktu itu bazar makanan lagi tinggi-tingginya. Jadi kita coba di 2015 dengan bazar, dan dapat respons positif. Setelah dari bazar, pertengahan 2015, kita cari point of sales atau outlet, akhirnya dibuka di GI (Grand Indonesia) pada Desember 2015 dan Lebak Bulus pada Januari 2016," ujar Devina.

Selain bazar, Devina juga memasarkan produknya lewat situs www.suwarsuwir.id dan media sosial. Saat ini, Suwar Suwir sudah memiliki 3 outlet. Selain di Foodhall Grand Indonesia dan Food Container Lebak Bulus, outlet Suwar Suwir juga ada di Neo Soho Mal.

Dengan modal sekitar Rp 20 jut-Rp 25 juta di awal, kini Suwar Suwir meraup omzet Rp 70 juta-Rp 100 juta per bulan, dari penjualan sekitar 300 box per hari.

Bisnis Ayam Suwir, Suami Istri Ini Raup Omzet Hingga Rp 100 Juta/BulanFoto: Dok.Instagram suwarsuwirid


"Kami itu sekarang kapasitasnya kalau dikombinasi dari 3 saluran (delivery, outlet, dan bazaar) tersebut ada 300 box per hari. Omzet saat ini masih di bawah 100 juta per bulan. Tapi masih di atas 50 (Rp juta). Kisarannya sekitar antara Rp70 juta-Rp 100 juta," terang Devina.

Dia menambahkan, dalam menjalankan bisnis kuliner harus punya nafas panjang dengan semangat yang tinggi. Karena sewaktu-waktu yang namanya usaha, tidak akan lepas dari naik turunnya minat pembeli.

"Jadi being an enterpreneur itu seperti lari marathon. Nafasnya harus panjang. Karena ada aja masalah-masalah di tengah jalan yang bikin jenuh, apakah masalah operasional dan lain-lain. Kita ingatkan semangat pantang yang menyerah dan tim yang bagus," pungkasnya.

Tertarik dengan produk Suwar Suwir? Silakan kunjungi situs www.suwarsuwir.id., Instagram suwarsuwirid, atau menghubungi ponsel 081310007522. (hns/wdl)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed