Follow detikFinance
Senin 27 Mar 2017, 10:25 WIB

Sentuhan Bang Amat Sulap Plafon Bekas Jadi Miniatur Mewah

Datu Haris Molana - detikFinance
Sentuhan Bang Amat Sulap Plafon Bekas Jadi Miniatur Mewah Foto: Datu Haris Molana
Lhokseumawe - Mempunyai semangat tinggi dan keyakinan besar pasti akan memberi dampak positif bagi mereka yang mau berusaha. Hal itu dibuktikan M. Rasyidin Nurdin atau akrab disapa Bang Amat, berasal dari Desa Teungoh, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Aceh.

Sejak tahun 2015 lalu, pria paruh baya ini menggeluti pembuatan miniatur rumah, masjid dan beberapa benda lainnya terbuat dari plafon bekas yang dikutip di tempat kerjanya.

"Membuat miniatur ini susah-susah gampang. Perlu ketekunan tinggi supaya menghasilkan benda tersebut," kata Bang Amat kepada detikFinance, Sabtu (25/3/2017).
M. Rasyidin Nurdin alias Bang AmatM. Rasyidin Nurdin alias Bang Amat Foto: Datu Haris Molana
Selama ini, Bang Amat mengaku bekerja sebagai buruh pasang plafon di rumah-rumah warga dan membuat miniatur itu merupakan pekerjaan sampingannya untuk menambah kebutuhan dapur keluarganya.

Bang Amat bercerita, awalnya dia mencoba membuat miniatur rumah untuk sang buah hati. Setelah itu, teman-teman anaknya melihat dan oleh orang tua mereka menyuruhnya untuk membuat seperti anaknya.

"Alhamdulillah, sejak itulah bisnis kecil-kecilan ini saya lakoni jika tak ada kerjaan memasang plafon. Dan senangnya lagi, banyak masyarakat juga yang memesan. Kalau paling banyak yang memesan, ada 15 hingga 20 unit miniatur dalam sekali orderan.

Namun, Amat juga mengaku kalau selagi banyak pesanan dirinya dapat meraup untung jutaan rupiah. "Kalau lagi banyak pesanan, enggak sanggup dibuat dengan cepat. Kalau ajak teman-teman sih belum, maklum belum ada dana tambahan untuk menggaji mereka. Tapi kalau usaha ini terus berkembang tentunya harus ada yang bantu menyiapkan pesanan orang. Untuk saat ini hanya bersama anak saja saya siapkan," tutur Bang Amat.
M. Rasyidin Nurdin alias Bang AmatM. Rasyidin Nurdin alias Bang Amat Foto: Datu Haris Molana
Bang Amat menjelaskan, dirinya tidak saja terampil membuat miniatur rumah tapi miniatur Masjid, Tempat Meletakkan Kitab Suci, serta celengan pun bisa dikerjakan. Katanya, itu semua tergantung si pemesan maunya model apa.

"Harganya pun sangat terjangkau. Tergantung ukuran dan bentuk miniatur yang diinginkan. Harganya mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 1.000.000," sebut Amat.

Amat mengaku selama ini dia terkendala modal untuk mengembangkan usahanya itu. Kepada Pemerintah Aceh, Amat berharap agar selalu berdayakan para seniman yang ada. Hal ini untuk memajukan masyarakat dan pastinya bisa mengurangi angka kemiskinan di Aceh Utara khususnya dan Aceh umumnya. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed