Follow detikFinance
Sabtu 20 May 2017, 16:54 WIB

Investasi Bawang Merah, Tiga Kali Panen Untung 30%

Hendra Kusuma - detikFinance
Investasi Bawang Merah, Tiga Kali Panen Untung 30% Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Jakarta - Pemerintahan kabinet kerja di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi tengah fokus meningkatkan kesejahteraan para petani di Indonesia. Salah satunya dengan berbagai macam instrumen, salah satunya pembangunan infrastruktur.

Pemerintah juga membuka pintu terhadap swasta untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Salah satunya seperti yang ditawarkan PT Kanigoro Kreasi Solusi.

Perusahaan yang bermarkas di Yogyakarta ini menawarkan program investasi yang memberdayakan petani bawang merah dengan sistem bagi hasil.

"Tujuannya kita memberdayaan masyarakat sekitar, karena menyewa lahan, mempekerjakan yang punya lahan dan masyarakat sekitar, setidaknya kita mensejahterakan masyarakat sekitar," kata Edvi Vebriyanti, salah satu pegawai Kanigoro saat ditemui detikFinance, Jakarta, Sabtu (20/5/2017).

Edvi mengatakan, Kanigoro menawarkan kepada masyarakat untuk berinvestasi di sektor pertanian dengan pembudidayaan bawang merah, modal yang dibutuhkan Rp 105 juta dengan kontrak selama 15 bulan.

Dengan modal sebesar itu, kata Edvi, investor akan menikmati pembudidayaan bawang merah di atas lahan seluas 5.000 meter atau setengah hektar dengan potensi panen 5 ton per meter.

Dalam kontrak selama 15 bulan, Edvi menyebutkan, investor akan menikmati masa panen sebanyak 3 kali.

"Profit akan kita berikan setelah kontrak selesai, dengan pengembalian modal 100% dan profitnya sekitar 30% dari total investasi.

PT Kanigoro, kata Edvi, baru memulai sistem kerja sama kemitraan ini pada 2014. Menurut dia, tidak mudah mengajak masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan petani melalui sistem investasi budidaya bawang merah. Sebab, dalam sistem kemitraan ini, masyarakat hanya cukup berinvestasi saja tanpa harus ikut bercocok tanam.

"Karena banyak orang yang ingin terjun langsung, jadi tahu seluk beluk keuangannya diapain, kalau kita kan tidak, cuma kita coba transparan dengan memperbolehkan mitra kunjungan lahan tanam kapan pun selama masa kontrak," tukasnya.

Jika ada yang berminat, bisa datang langsung ke acara pameran International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan. Atau bisa juga mencari informasi tambahan lewat www.kanigoro.co.id. (ang/ang)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed