Follow detikFinance
Senin 22 May 2017, 20:10 WIB

d'Preneur

Tahir: Jadi Pengusaha Jangan Cuma Kejar Keuntungan

Citra Fitri Mardiana, Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tahir: Jadi Pengusaha Jangan Cuma Kejar Keuntungan Pengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur (Foto: Angga Aliya/detikFinance)
Jakarta - Menjadi seorang pengusaha yang baik bukan menjadi seorang yang berkuasa dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, tapi menjadi orang yang bisa membawa manfaat bagi orang banyak orang. Begitu kata salah satu orang terkaya Indonesia, yang juga pendiri Mayapada Group, Tahir.

"Cara jadi entrepreneur yang baik, pertama harus bisa menciptakan nilai tambah. Kalau ada kayu, anda buang ke api, nilainya akan jadi bahan bakar. Tapi kalau diukir, jadi serupa patung yang bagus menyerupai dewa, akan disembah orang, padahal kayunya sama," kata Tahir dalam acara d'Preneur di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Senin (22/5/2017).

"Artinya manusia entrepreneur yang bagus harus bisa menemukan nilai tambah," lanjut Tahir.

Pria berumur 65 tahun ini mengatakan menjadi seorang pengusaha yang baik bukan meraup keuntungan dalam waktu yang singkat, tapi memiliki nilai tambah yang menjadikannya bermanfaat bagi banyak orang.
"Kita harus bermanfaat untuk orang lain. Pengusaha yang baik harus bisa jadi suatu berkat dan bermanfaat bagi banyak orang. Jadi bukan sekedar mau jadi bos. Bukan," tutur dia.

Selain itu, pengusaha yang baik juga harus bisa menciptakan kebahagiaan bagi banyak orang. Hal inilah yang kemudian menginisiasinya untuk mendirikan banyak usaha yang bermanfaat bagi banyak orang, termasuk mendirikan rumah sakit.

"Hal-hal inilah yang menuju suatu nilai tambah. Dalam hidup manusia juga harus cari nilai tambah untuk upgrade diri kita supaya bernilai," pungkasnya.

Pengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur.Pengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur. Foto: Angga Aliya/detikFinance
(hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed