Follow detikFinance
Selasa 30 May 2017, 19:58 WIB

Berkah Ramadan, Pesanan Sarung Khas Tegalan Naik Dua Kali Lipat

Imam Suripto - detikFinance
Berkah Ramadan, Pesanan Sarung Khas Tegalan Naik Dua Kali Lipat Foto: Imam Suripto
Tegal - Sarung khas tegalan, tidak hanya untuk pasar domestik, namun juga sudah menembus pasar luar negeri. Pemesanan sarung khas Tegal, Jawa Tengah, saat ramadan tahun ini bahkan mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Salah satu produsen sarung khas tegal, yakni PT Asaputex Jaya, mengalami peningkatan pesanan hingga 100 persen.

Bisa dibilang, Ramadan tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi pengusaha sarung tegalan, Jamaludin Al Katiri. Biasanya pada bulan Ramadan tahun lalu, yang hanya memasarkan 5.000 kodi per bulan, namun khusus pada Ramadan tahun ini penjualan meningkat menjadi 10 ribu kodi per bulan.

"Penjualan meningkat hampir seratus persen untuk Ramadhan tahun ini. Dibanding puasa puasa sebelumnya peningkatan tidak setinggi tahun ini. Peningkatan sudah mulai dari bulan april dan setiap hari terus meningkat hingga kita harus melemburkan karyawan dan menambah jam kerja," papar Jamaludin Al Katiri, bos PT Asaputex Jaya, Selasa (30/05/2017).

Pesanan Sarung Khas Tegalan Naik Dua Kali LipatPesanan Sarung Khas Tegalan Naik Dua Kali Lipat Foto: Imam Suripto

Jamaludin menambahkan, saat ini ada hambatan karena pasar meningkat tajam, hingga kesulitan pada persiapan packing dan finishing. Namun ini bisa diatasi dengan menambah karyawan dan jam kerja.

Lebih lanjut Jamlaudin menambahkan, usaha sektor tekstil di Tegal mulai menunjukan peningkatan sejak 2015 hingga 2017. Peningkatan ini merupakan moment terbaik bagi pengusaha tekstil di pantura untuk meningkatkan produksi.

"Jadi tiap tiap produsen bisa mengeluarkan berbagai jenis sarung dan perpaduannya agar disukai pasar," katanya.

Pesanan Sarung Khas Tegalan Naik Dua Kali LipatPesanan Sarung Khas Tegalan Naik Dua Kali Lipat Foto: Imam Suripto

Permintaan bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga dari berbagai negara di timur tengah seperti Yaman, Yordania, Bahrain, Oman, Qatar dan negara timur tengah lainnya. Saat ini, PT Asaputex bahkan sedang menggarap pasar baru di dua negara di afrika yakni Ethiopia dan Djibouti.

Memenuhi keinginan pasar, khusus di bulan Ramadan tahun ini, Asaputex mengeluarkan sedikitnya 21 jenis sarung dengan model dan motif baru. Seperti perpaduan antara songket, tribun, dobi dan galian seperti motif pada sarung tenun khas tegal. Untuk harga, sarung tegalan dibandrol mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 300 ribu per sarungnya. (mkj/mkj)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed