Follow detikFinance
Senin 28 Nov 2016, 06:52 WIB

Pakai 6 Tips Ini Agar Kondisi Keuangan Anda Sehat

Tung Desem Waringin - detikFinance
Pakai 6 Tips Ini Agar Kondisi Keuangan Anda Sehat Foto: Istimewa
Jakarta - Kondisi keuangan yang sehat tidak hanya ditentukan dari seberapa banyak penghasilan yang didapat. Demi memiliki kondisi keuangan yang sehat, seseorang ternyata harus memiliki pola pikir finansial yang sehat.

Apa saja pola pikir finansial yang sehat itu? Pola pikir finansial yang sehat terdiri dari beberapa hal. Seperti kemampuan berinvestasi, menabung atau pun mengatur keuangan. Berikut ulasannya:

1. Uang bukanlah tujuan utama
Memang uang dapat hampir membeli semua yang Anda inginkan. Tetapi bukan berarti Anda menjadikan uang sebagai tujuan hidup. Anda harus tetap tahu apa tujuan besar yang ingin Anda raih dalam hidup. Dengan begitu Anda pun dapat mengalokasikan uang dengan lebih bijak.

2. Berpikir panjang
Kebanyakan orang lupa atau malas untuk mengumpulkan dana darurat. Padahal dana darurat harus disiapkan untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak atau hal yang tidak diinginkan. Untuk menghindari hal ini, Anda harus mampu untuk berpikir jangka panjang.

3. Habiskan untuk pengalaman
Penghasilan Anda pun akan semakin bertambah setiap tahunnya. Cobalah untuk manfaatkan uang yang dimiliki tersebut untuk merasakan pengalaman yang belum pernah dicoba. Memanfaatkan uang untuk pengalaman akan mampu membuat Anda lebih bahagia dibanding menghabiskannya untuk membeli barang.

4. Berinvestasi
Investasi merupakan hal penting dalam hal finansial. Dengan berinvestasi Anda dapat memperoleh passive income. Namun investasi perlu dilakukan dengan tepat jika tidak malah Anda akan merugi. Perbanyaklah pengetahuan investasi Anda agar tidak salah dalam melakukan investasi.

Sebenarnya ada investasi yang paling penting dari investasi finansial yakni investasi leher ke atas. Investasi leher ke atas adalah mengumpulkan banyak pengetahuan dan meningkatkan kemampuan diri.

5. Sumber pendapatan yang tepat
Sumber pendapatan bisa didapat dari mana saja. Namun apabila Anda ingin untuk memiliki kondisi finansial yang sehat, maka Anda juga harus mampu memilih sumber pendapatan yang tepat. Salah satu sumber pendapatan tepat yang dapat dipilih adalah profesi yang dapat membuat Anda terus menyebarkan nilai positif pada masyarakat luas.

6. Pintar mengatur keuangan
Kondisi finansial yang sehat dimulai dengan mampu mengatur keuangan yang tepat. Selain harus lihai dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran, Anda juga harus mampu membagi keuangan pada beberapa pos kebutuhan tertentu.

Itulah beberapa langkah yang Anda bisa lakukan untuk dapat menjaga kesehatan keuangan Anda. Lalu tunggu apalagi? Mulai jalankan segera dari sekarang jangan sampai kesulitan keuangan nanti akan menyengsarakan hidup Anda.

Hasil Intisari Pemikiran Dan Praktik Saya Selama 20 Tahun. Dari Biasa Saja Menjadi Hingga DAHSYAT.

Ikuti Pelatihan 12 Ilmu Penting Dalam Kehidupan "University Of Life" senilai Rp 997.000. Program Khusus Dan Gratis Hanya Untuk Pembaca detikFinance Hari Ini, Terbatas Untuk 100 Orang Pedaftar Pertama. Klik di Sini Untuk Daftar Sekarang! (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed