Follow detikFinance
Selasa 21 Mar 2017, 06:54 WIB

Penghasilan Rp 15 Juta/Bulan Tapi Tak Bisa Menabung, Ini Tipsnya

Eko Endarto - detikFinance
Penghasilan Rp 15 Juta/Bulan Tapi Tak Bisa Menabung, Ini Tipsnya Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan: Aku wiraswasta dengan penghasilan rata-rata Rp 15 juta perbulan, tapi selama ini belum bisa menabung. Tolong jelaskan cara kelola keuangan yang benar dan bijak agar masa tuaku bisa bebas finansial. Terima kasih

Jawaban:
Wah luar biasa penghasilan Anda saya kira sudah cukup besar ya untuk rata-rata ukuran orang Indonesia. Kalau sampai saat ini Anda merasa tidak bisa menabung, jangan berkecil hati karena Anda harus percaya ternyata Anda tidak sendiri. Menabung atau menyisihkan dana untuk masa depan memang tidak menyenangkan, karena kita tidak bisa merasakan hasilnya langsung. Berbeda dengan utang, anda berutang saat ini, maka saat ini pula dirasakan manfaat dan kenikmatan barang atau jasa yang diperoleh dari utang. Walaupun nantinya Anda harus membalasnya dengan membayar bunga.

Nah karena kenikmatannya masih dirasakan kelak, tidak salah banyak orang gagal untuk menabung. menabung butuh prioritas dan kedisiplinan tersendiri. sebab berapa pun pemasukannya tidak akan cukup digunakan untuk memenuhi pengeluaran yang luar biasa tidak ada batasannya.

Jadi saran saya anda harus mulai membuat kegiatan menabung sama seperti membeli pulsa atau ngopi di kafe. Bahkan kalau bisa menjadi lebih spesial lagi dengan membuat dana khusus, waktu khusus dan kegiatan yang khusus sehingga kebiasaan menabung menjadi hal rutin yang tidak akan terlewatkan.

Nah, mengelola keuangan sebenarnya sederhana, berusahalah untuk mengatur dan membatasi pengeluaran agar tidak memebihi pemasukan. Saya sih biasanya membaginya menjadi 4 pengeluaran besar yaitu untuk pembayaran utang, investasi, proteksi, dan sisanya baru bisa Anda habiskan untuk konsumsi. Dengan demikian, dari semua pemasukan Anda sudah digunakan dengan optimal untuk kebutuhan dahulu baru keinginan.

Salam (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed