Follow detikFinance
Selasa 20 Dec 2016, 08:26 WIB

Keuangan Bagi Perempuan Single (1)

Annissa Sagita - detikFinance
Keuangan Bagi Perempuan Single (1) Foto: Istimewa
Jakarta - Perencanaan keuangan bagi tiap individu tentu saja berbeda-beda caranya. Bagi Anda perempuan single di usia 20-30an, tentu saat ini Anda tengah menikmati hidup sebagai seseorang yang bebas dan belum memiliki tanggungan keluarga dan anak.

Lalu bagaimana mengatur keuangan Anda agar tidak kebablasan dengan kebebasan ini?

Berikut adalah beberapa poin apa saja yang bisa Anda lakukan dengan penghasilan Anda saat ini, untuk menyeimbangkan bersenang-senang/menikmati hidup namun tetap melakukan persiapan masa depan.

Selain kebutuhan pokok untuk tempat tinggal, biaya makan, transportasi, dan kebutuhan hidup wajib lainnya, inilah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Anggarkan untuk perawatan dan kecantikan
Sebagai perempuan, tentu saja Anda butuh untuk anggaran perawatan dan kecantikan. Tidak bermaksud perawatan yang mahal, namun perawatan contohnya seperti tabir surya yang bagus dan cocok untuk kulit Anda sehingga kulit terlindungi dari bahaya sinar matahari. Ini juga termasuk 'investasi' lho, investasi agar kulit Anda tetap sehat hingga usia lanjut nanti.

Memilih tabir surya yang cocok untuk kulit tentunya butuh trial and error, perlu mencoba beberapa produk/beberapa rekomendasi dahulu baru terlihat kecocokannya. Biaya kecantikan misalnya tata rias.

Dua tahun belakangan ini ramai sekali tren lipstik cair tanpa efek kilau, dan merek-merek lokal berlomba-lomba mengeluarkan produk lipstik cair masing-masing. Ditambah dengan para blogger/youtuber/selebgram yang mengeluarkan review produk, Anda semakin tergoda untuk membeli bukan?

Kuncinya adalah untuk memiliki anggaran khusus dan menetapkan batas angka untuk perawatan dan kecantikan ini. Jadi Anda tetap bisa berbelanja, namun jangan sampai melanggar batas.

Sah-sah saja menggunakan uang Anda untuk hal-hal yang Anda sukai ini, tapi ingat Anda masih memiliki pos-pos lain yang harus dipenuhi demi masa depan Anda, yaitu hal-hal yang berikut.

2. Miliki tabungan untuk hobi
Apabila Anda hobi misalnya travelling, fotografi, olahraga atau musik, sebaiknya Anda memiliki tabungan khusus agar hobi Anda bisa berjalan dengan lancar.

Contohnya travelling. Tentu saja travelling spontan dan travelling yang direncanakan akan berbeda dari segi pengeluaran. Dengan travelling yang direncanakan, Anda bisa mengunjungi lebih banyak tempat, lebih efisien dari segi waktu dan lebih banyak pengalaman yang bisa didapat. Perencanaan juga akan membuat anggaran yang akan dikeluarkan lebih rendah.

Jika hobi Anda fotografi, musik atau olahraga, Anda bisa menabung untuk membeli peralatan pendukung atau mengikuti kelas/workshop yang akan semakin mengasah kemampuan Anda.

Miliki tujuan besar yang akan memotivasi Anda untuk menabung, misalnya merencanakan travelling ke benua lain selama lebih dari seminggu, atau membeli kamera mirrorless supercanggih beserta seperangkat lensa yang akan membantu menghasilkan foto yang luar biasa, atau menonton konser band favorit di luar negeri.

Hobi inilah yang akan menjadi penyegaran bagi Anda setelah bekerja keras. Anda harus memiliki hobi untuk mencegah stress. Apabila Anda belum menemukan apa hobi yang benar-benar Anda sukai, coba saja beberapa macam hobi, namun jangan dulu mengucurkan seluruh tabungan Anda ke beberapa hobi tersebut. Pilihlah satu saja yang benar-benar Anda sukai.

3. Pikirkan bagaimana caranya hobi Anda bisa berubah menjadi uang
Tentu ini adalah nilai tambah bagi hobi Anda. Selain pemasukan dari gaji bulanan, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan mencari penghasilan tambahan, apalagi bila Anda bisa mendapatkannya dari hobi.

Saat ini peluang terbuka luas dengan adanya media sosial yang kian beragam, sehingga apa pun hobi Anda apabila diseriusi dan Anda bagikan melalui konten yang bagus di media sosial secara konsisten, Anda bisa mendapat banyak teman/pengikut yang bisa membuat Anda dikenal bahkan dipertimbangkan untuk merepresentasikan merek lokal, misalnya. Atau dibayar untuk mengunggah konten tertentu yang bersifat promosi.

Ingat juga jangan sampai kebablasan, jangan sampai pekerjaan utama justru menjadi terbengkalai.

Nah demikian beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk keuangan perempuan single. Di artikel berikutnya akan dibahas rencana keuangan untuk masa depan bagi perempuan single. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed