Follow detikFinance
Kamis 04 May 2017, 06:54 WIB

6 Langkah Sederhana Tingkatkan Keterampilan Manajemen Keuangan

Tung Desem Waringin - detikFinance
6 Langkah Sederhana Tingkatkan Keterampilan Manajemen Keuangan Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Di dalam dunia pendidikan kita tidak diajarkan mengenai kecakapan hidup. Salah satunya tentang bagaimana menangani uang dengan tepat. Hanya karena Anda tidak belajar keterampilan keuangan yang baik di sekolah tidak berarti Anda tidak dapat mempelajarinya sekarang.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menjadi lebih baik dalam mengelola uang:

1. Buatlah anggaran dan patuhi
Apakah Anda tahu ke mana semua uang Anda pergi? Apakah Anda tahu berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk hal-hal seperti pergi makan, menonton film atau membeli pakaian? Kebanyakan orang tidak.

Buatlah anggaran untuk mengontrol keuangan Anda. Ambilah buku bank tahun lalu dan tuliskan berapa banyak uang yang Anda habiskan di setiap kategori. Anda akan terkejut melihat berapa banyak uang Anda terbuang pada hal-hal yang bahkan Anda tidak sadari.

2. Jadilah konsumen yang sadar
Saat Anda pergi ke toko bahan makanan untuk belanja kebutuhan, apakah Anda punya daftar? Apakah Anda melihat harga? Apakah Anda menggunakan kupon? Ada banyak sumber dan aplikasi online yang dapat membantu Anda lebih fokus pada pengeluaran Anda sebenarnya.

Sadar akan setiap sen yang Anda belanjakan sangat penting. Bila orang tidak melakukan itu, uang mereka cenderung hanya menguap. Dibutuhkan sedikit usaha untuk mencari kupon, membuat daftar, memeriksa harga di toko tempat Anda berbelanja, tapi ada baiknya dalam jangka panjang. Dan itu membuat perbedaan BESAR.

3. Buku saldo bank
Hari-hari ini, kebanyakan orang hanya melihat saldo bank mereka secara online. Tapi jika Anda hanya melakukan itu, maka itu memungkinkan Anda untuk tidak peduli dengan apa yang Anda belanjakan saat ini. Tapi jika Anda meminta pertanggungjawaban Anda dengan mencatat semuanya, maka Anda tidak akan terlalu banyak menghabiskan atau terlalu banyak menarik uang di akun bank Anda.

4. Punya rencana dan visi
Untuk mencapai apapun, Anda harus mempunyai rencana bukan? Anda sering bertanya pada diri sendiri, "Ke mana uang itu pergi?" Tetapi jika Anda mempunyai rencana dan anggaran, Anda akan tahu persis di mana uang Anda dihabiskan.

5. Berpikirlah seorang investor
Apakah orang terkaya di dunia hanya menghemat US$ 500 sebulan dan berhenti begitu saja? Tentu saja tidak! Mereka belajar bagaimana mengubah US$ 500 per bulan menjadi US$ 1.000. Lalu US$ 10.000. Lalu US$ 100.000 dan seterusnya.

Penting bagi Anda untuk berinvestasi agar uang Anda bisa bertumbuh banyak tidak hanya stuck. Anda bisa berinvestasi reksa dana, emas, saham dan produk investasi lainnya. Sesuaikan produk investasi tersebut sesuai kebutuhan Anda.

6. Komitmen
Berbicara tentang berpegang teguh pada sesuatu, komitmen adalah segalanya. Anda tidak bisa melakukan apapun setengah jalan. Anda tidak bisa "kadang-kadang" melakukan sesuatu dan "kadang tidak." Anda harus konsisten! Anda harus tetap disiplin dalam mengelola keuangan.

Berikut langkah–langkah dalam mengelola keuangan yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat..

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed