Follow detikFinance
Minggu 10 Sep 2017, 08:35 WIB

Cara Bijak Atur Keuangan Untuk Single Mom

Meydian Eka Rini - detikFinance
Cara Bijak Atur Keuangan Untuk Single Mom Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kehidupan memang tidak pasti, seperti halnya ketika seorang wanita yang biasanya terbiasa hanya mengurus rumah tangga, tiba-tiba harus menghadapi kenyataan bahwa pasangan yang biasanya bertugas untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga pergi untuk selamanya baik karena meninggal dunia atau sebab lain yaitu perceraian.

Menjadi seorang 'Single Mom' atau orang tua tunggal adalah tugas yang berat. Biasanya kita bisa membagi tugas bersama pasangan kita terutama tugas keuangan. Dalam kondisi ini mau tidak mau si ibu harus mengambil alih tanggung jawab untuk membesarkan anak-anak dan membiayai kebutuhan keluarga.

Apabila pasangan meninggal dunia, maka semua beban berada di pundak sang ibu, berbeda lagi keadaan karena perceraian mungkin mantan suami masih tetap bersedia membiayai pendidikan anak-anak.

Orang tua tunggal atau single mom biasanya tidak memiliki pekerjaan lain selain yang dimiliki saat itu. Dan itu merupakan tantangan besar yang harus dihadapi. Oleh karena itu seorang single mom harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan.

Beruntung apabila si ibu masih mempunyai pekerjaan karena masih ada sumber penghasilan. Lantas bagaimana apabila si ibu tidak mempunyai pekerjaan sama sekali? Permasalahan ini seringkali dialami oleh banyak ibu rumah tangga yang kemudian menjadi single mom atau orang tua tunggal. But show must go on bukan berarti tidak ada jalan keluar untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa cara bijak untuk mengatur keuangan bagi para single mom:

1. Periksa semua aset
Pada saat anda menjadi single mom maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa semua aset yang dimiliki, baik itu aset riil atau pun aset finansial. Aset riil berupa rumah, kendaraan, ataupun mobil, sedangkan aset finansial berupa perhiasan, tabungan deposito, asuransi. Apabila 'single mom' karena suami meninggal, maka harus memeriksa apakah suami anda mempunyai asuransi jiwa atau tidak. Jika suami anda mempunyai asuransi jiwa maka segeralah untuk melakukan pengajuan klaim. Segera hubungi agent asuransi untuk membantu anda. Fungsi kita menghitung semua aset supaya kita tahu dalam posisi seperti apakah kekayaan kita untuk melakukan rencana keuangan selanjutnya.

2. Lunasi utang dan hindari berutang
Utang adalah salah satu permasalahan utama bagi mereka yang menjadi single mom atau single parents. Buatlah daftar utang yang jatuh temponya sudah dekat misalnya kredit mobil, kredit rumah dan sebagainya. Segeralah lunasi utang anda bersama suami terlebih dahulu dan menghindari utang terlebih dahulu. Selain utang bersama mungkin anda mempunyai utang pribadi, segeralah melunasi utang pribadi supaya tidak memberatkan di kemudian hari. Sekali lagi hindarilah utang apapun bentuknya, ingatlah bahwa saat ini anda sebagai single fighter.

3. Buatlah dana darurat
Dana darurat menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam hal perencanaan keuangan dan dana darurat sangat penting bagi setiap orang begitu juga bagi single mom ataupun single parent. Karena kita tidak tahu kapan risiko sakit atau musibah lainnya terjadi. Dengan adanya dana darurat yang sudah disiapkan, hal ini menghindarkan 'berutang' apabila terjadi risiko yang tidak diinginkan terjadi. Dana darurat sebaiknya disimpan di tabungan yang mudah diakses. Berapa sih idealnya dana darurat yang dimiliki? Sebuah keluarga yang mempunyai anak minimal mempunyai 3 kali pengeluaran rutin bahkan ada yang menyarankan 12 kali pengeluaran rutin. Tentunya semakin banyak dana darurat yang dimiliki semakin baik.

4. Miliki Asuransi
Seorang single mom apakah perlu mempunyai asuransi? Jawabannya adalah sangat perlu karena dia akan menjadi penanggung dirinya sendiri dan anak-anaknya. Dengan demikian banyak sekali anggaran yang harus dikeluarkan tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari tapi juga untuk membayar asuransi.
Asuransi apa yang harus dimiliki oleh seorang single mom? Jawabannya adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Untuk asuransi jiwa pilihlah asuransi term life. Asuransi term life premi relatif lebih murah dibandingkan unitlink dengan uang pertanggungan yang besar. Dan yang kedua adalah asuransi kesehatan, apabila anda mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan di perusahaan anda bekerja maka anda tidak perlu mempunyai asuransi kesehatan pribadi.

5. Gali potensi untuk mendapatkan sumber penghasilan baru
Sudah bisa dibayangkan beban menjadi seorang single mom yang tidak bisa dikatakan ringan. Menjadi orang tua tunggal yang harus memenuhi kebutuhan rumah tangga dan juga harus memberikan kasih sayang kepada anak-anak. Mungkin selama ini anda sehari-hari anda hanya mengurus rumah tangga di rumah, kini saatnya anda menggali potensi diri anda dan menekuninya karena bisa jadi rezeki datang dari potensi yang anda miliki. Selain itu banyak sekali peluang usaha dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Tanpa meninggalkan anak-anak anda bisa mencari rezeki misalnya online shop, drop shiper atau pun toko kelontong.

Masih bingung? Mendingan belajar deh, ke mana? Ada beberapa workshop yang kami rekomendasikan. Untuk Workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan kelas Belajar Asuransi info buka di sini, sementara untuk reksa dana Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan di Yogya, Solo dan Semarang (JogLoSemar / Jawa Tengah) bisa lihat info di sini dan di sini.

Ingat, Meski anda single mom, selalu ingatlah bahwa sekarang anda adalah seorang single fighter sebaiknya anda cermat dalam mengatur keuangan sehingga tidak boros. Tetap semangat membesarkan dan mendidik anak-anak ya mom!

Selamat ngatur duit! (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed