Follow detikFinance
Sabtu 21 Oct 2017, 09:02 WIB

Siapkan Long Weekend Berkualitas

Andri Hardjono - detikFinance
Siapkan Long Weekend Berkualitas Foto: Jefris Santama/detikcom
Jakarta - Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh 3 Menteri telah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 sebanyak 21 hari. Keputusan bersama ini ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri ditetapkan pada 22 September 2017 tersebut mengatur tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018. Untuk hari libur nasional dan cuti bersama di 2018 sebanyak 21 hari, yang terdiri dari 16 hari untuk libur nasional di 2018, dan 5 hari untuk cuti bersama.

Dari daftar tanggal hari libur nasional tersebut kalau kita cermati ada 4 libur nasional yang jatuh pada hari Jumat dan 1 hari jatuh pada hari Senin. Artinya dengan mengasumsikan hari Sabtu libur kerja dan sekolah, maka terdapat 5 long weekend di tahun 2018. Di luar itu masih juga terdapat 5 potensi long weekend yang disebabkan adanya harpitnas.

Long weekend selalu menjadi satu daya tarik untuk meningkatkan quality time bersama keluarga dan melepas kepenatan sesaat bagi keluarga yang sudah lelah beraktivitas lebih dari 12 jam setiap harinya pada hari kerja. Ada yang sekedar menghabiskan waktu seharian di mal dengan window shopping, makan, nonton bioskop, atau bahkan belanja. Ada juga yang menyempatkan berwisata kuliner di kota-kota lain. Atau bahkan menjenguk kampung halaman mumpung tidak seramai kalau libur Lebaran.

Untuk melakukan rekreasi tersebut di atas pasti membutuhkan dana ekstra, padahal tidak ada penghasilan ekstra di saat itu. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menikmati long weekend tanpa mengganggu keuangan secara drastis di saat itu? Di bawah ini ada beberapa trik untuk itu.

Plan (Rencana)
Long weekend tahun depan tersebar di Januari (tanggal 1), Februari (tanggal 16), Maret (tanggal 30), Juni (tanggal 1), dan Agustus (tanggal 17). Pilih long weekend mana yang mau dipakai untuk rekreasi. Sesuaikan dengan jadwal kegiatan tempat kerja dan jadwal anggota keluarga yang lain. Pertimbangkan juga jadwal liburan yang normal seperti libur Lebaran dan libur sekolah. Apabila diperlukan, siapkan jatah cuti untuk memperpanjang libur.

Diskusikan bersama anggota keluarga lain kegiatan apa yang akan dilakukan di long weekend itu. Siapa saja yang akan ikut serta? Adakah keperluan untuk mencari tiket transportasi atau tempat menginap di tempat tujuan? Perlu bantuan agen perjalanan untuk mengatur jadwal?

Mulailah hitung kebutuhan dana untuk mewujudkan rencana di atas. Jangan lupa tambahkan dana untuk mengantisipasi kekhilafan karena seringkali lapar mata belanja yang di luar rencana.

Do (Lakukan)
Mulai lakukan pendanaan sedini mungkin. Karena ini jangka waktu diperlukannya kurang dari 1 tahun, maka tidak banyak opsi yang bisa dipilih. Membagi rata dana yang dibutuhkan dengan bulan yang tersisa sebelum digunakan merupakan pilihan yang paling masuk akal. Alokasikan dana setiap bulan sesuai dengan hitungan tersebut, tentu saja tanpa mengorbankan kebutuhan dan untuk keperluan yang lebih prioritas.

Membeli tiket dan memesan kamar penginapan apabila dilakukan jauh hari sebelum waktunya seringkali memberikan benefit karena harganya lebih murah dan kepastian ketersediaannya. Pembayaran dengan cicilan bunga 0% untuk beberapa bulan bisa dijadikan satu pertimbangan untuk membantu cash flow bulanan. Jangan lupa melunasi sebelum jatuh tempo setiap bulannya untuk menghindari biaya bunga dan biaya keterlambatan. Ingat, bunga 0% hanya kalau terlunasi sebelum jatuh tempo.

Check (Periksa/Evaluasi)
Periksa apakah semua persiapan sudah dilakukan sesuai dengan rencana. Penghasilan ekstra, seperti bonus atau hasil kerja sampingan, dapat membantu meringankan alokasi bulanan.

Menemukan alternatif kegiatan lain juga dapat menyebabkan kita perlu meninjau ulang penyiapan dananya, baik menambah atau mengurangi. Atau tambahkan dengan mengambil kelas dan workshop sebagai investasi untuk otak anda. Di bulan Oktober akan ada workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info di sini https://bit.ly/PMJKT10 sementara untuk Kaya Raya dengan Reksa Dana Jakarta info buka di sini https://bit.ly/RDJKT10 berbarengan dengan workshop Intermediate Financial Planning info buka di sini https://bit.ly/INTJKT17.

Kalau semua sudah dipersiapkan dengan baik dan benar, tinggal eksekusi berlibur. Selamat menikmati pemanfaatan long week end dengan berkualitas, tanpa merasa was-was. Victory loves preparation.

Find fun way to manage your fund. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed