Follow detikFinance
Rabu, 27 Des 2017 06:56 WIB

Dapat Bonus Akhir Tahun, Enaknya Dipakai Buat Apa Ya?

Aidil Akbar Madjid – AAM & Partners - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Jelang akhir tahun adalah masanya liburan bagi seluruh orang di dunia. Nah, bagi sebagian orang yang beruntung bisa menikmati atau mendapatkan bonus akhir tahun atas pekerjaan dan kinerja mereka di tahun 2017 ini.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, bagaimana cara bijak dalam menggunakan bonus tersebut? Lalu bila masih ada keperluan lain seperti cicilan dan kewajiban, apakah harus didahulukan dengan bonus tersebut, sementara mungkin saja anda beserta keluarga ingin liburan di akhir tahun ini?

Memang sangat dilematis ketika kita mempunyai uang dari bonus dan ingin berlibur tapi di saat yang bersamaan masih ada kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan. Sementara itu, di zaman sekarang berlibur juga penting karena ini adalah 'investasi' badan dan fikiran agar tidak capek terjerat rutinitas pekerjaan di kantor.

Banyak orang merekomendasikan untuk menggunakan dana bonus ini untuk melunasi seluruh utang-utang yang anda miliki. Dalam konsep Perencana Keuangan modern yang kami lakukan, konsep keseimbangan hidup jauh lebih penting dibandingkan kewajiban yang harus dibayarkan, dengan catatan anda tidak punya masalah membayar cicilan utang tersebut.

Bila anda bermasalah mencicil setiap bulan, maka mau tidak mau memang sebaiknya utang dilunasi terlebih dahulu. Ketika kita dihadapi pada pilihan utang dan liburan keluarga, mana yang harus kita pilih?

Nah untuk jalan keluarnya mari coba kita coba bedah satu persatu.

Dari sisi utang sendiri ada 2 jenis cicilan yang biasanya dimiliki KPR dan utang lain-lain seperti KTA. Untuk utang KPR tidak perlu dikhawatirkan karena itu termasuk kategori utang produktif. Sehingga tidak harus buru-buru dilunasi.

Adapun yang harus diwaspadai adalah utang/cicilan KTA. Apabila cicilan KTA ini termasuk utang konsumtif maka sebaiknya utang ini diselesaikan secepatnya mengingat suku bunganya yang cukup tinggi.

Jangan lupa juga, bonus itu adalah uang tambahan sehingga, sebaiknya dikeluarkan juga bagian investasi dari bonus tersebut. Bagaimana cara menghitungnya?

Sebagai contoh, apabila anda biasa melakukan investasi Rp 1 juta per bulan. Nah tinggal dihitung bonus yang didapatkan berapa kali bulanannya.

Bila bonusnya misalkan 3 bulan gaji, maka dari uang tersebut tetap harus disisihkan 3x Rp 1 juta, yaitu Rp 3 juta untuk diinvestasikan. Sisanya boleh dipakai untuk hura-hura atau apapun (termasuk liburan), agar kita tidak merasa bersalah ketika berlibur.

Demikian juga dengan cicilan KTA tadi, apabila cicilannya Rp 500 ribu/bulan, maka dengan contoh di atas, dana harus disisihkan 3x Rp 500 ribu = Rp 1,5 juta untuk membayar cicilan KTA.

Kalaupun mau menghitung tambahan cicilan KPR yang diambil dari bonus, juga bisa dilakukan dengan cara yang sama.

Nah, sisa dari dana yang anda miliki tadilah yang boleh seluruhnya dipakai untuk hal apapun termasuk liburan apalagi liburan akhir tahun yang sudah dekat ini. Sebaiknya merencanakan liburan jauh-jauh hari untuk mendapatkan biaya transportasi dan akomodasi yang lebih murah.

Hindari tanggal-tanggal high season seperti akhir tahun. Bila anda masih single ataupun berkeluarga tapi belum mempunyai anak, anda mempunyai fleksibilitas untuk mengatur jadwal jalan-jalan liburan anda dengan jadwal libur akhir tahun atau cuti anda.

Tips liburan murah, anda bisa memulia liburan lebih cepat sebelum high season, atau lebih lambat setelah high season (dalam hal liburan akhir tahun berarti beberapa hari setelah tahun baru) untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Manfaatkan travel agen atau pemesanan melalui online untuk mendapatkan harga promo yang lebih murah.

Beberapa tips lain, untuk tiket-tiket online, jangan mencari tiket di siang hari, karena biasanya harganya lebih mahal. Beberapa dari pesawat tersebut memberikan promo biasanya sebelum tengah malam di malam-malam tertentu.

Coba riset melalui internet. Hotel juga bisa dipesan secara online untuk mendapatkan harga diskon yang terjangkau.

Banyak ya tips nya? Mau belajar tips dan trik tentang cara mengelola keuangan, investasi dan membuat perencanaan keuangan? Wajib ikut workshop dan kelas yang dilakukan baik oleh AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia http://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana Januari 2018 buka disini http://bit.ly/WRD0118. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini http://bit.ly/PMM0118.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan ikutan workshop Basic Financial Planning info lihat di sini http://bit.ly/BFP0118.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini t.me/seputarkeuangan.

Apapun yang anda lakukan ketika berlibur, pahami inti dari liburan adalah untuk me-refresh badan, otak dan pikiran anda. Jadi tidak perlu mewah-mewah, yang penting anda sendiri, bersama teman-teman atau beserta keluarga menikmati kebersamaan di sana. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed