Follow detikFinance
Senin, 08 Jan 2018 07:22 WIB

Setop Habiskan Uang, Sekarang Zamannya Hasilkan Uang Saat Liburan

Tung Desem Waringin - detikFinance
Foto: Pradikta Kusuma/detikTravel Foto: Pradikta Kusuma/detikTravel
Jakarta - Menjelang akhir tahun, banyak orang yang merencanakan untuk pergi berlibur. Khususnya untuk warga Jakarta yang pasti kebanyakan merencanakan liburannya untuk pergi ke luar kota.

Walaupun harus bermacet-macetan di jalan, mereka rela hanya demi untuk meninggalkan sejenak kota tercinta dan sekedar untuk merasakan damainya hari libur di kota orang.

Bagi orang-orang yang tinggal di kota wisata khususnya, ini merupakan periode yang paling baik karena selain kota mereka menjadi ramai, pastinya banyak peluang bisnis yang bisa dilakoni di berbagai kota wisata.

Jika Anda merupakan orang-orang yang tinggal di kota wisata berikut adalah ide bisnis terbaik untuk Anda yang tinggal di sekitar kota Wisata

1. Sewa Penginapan
Saat ini penginapan tidak hanya untuk sekelas hotel saja, bahkan wisma dan guest house sekalipun banyak sekali diincar oleh para wisatawan. Anda tidak perlu lahan yang luas untuk membuat hotel.

Hanya dengan bermodalkan rumah dengan banyak ruangan, Anda bisa menggunakannya untuk penyewaan penginapan. Rata-rata per hari penginapan ditekan dengan budget Rp 100-500 ribuan.

Namun ada juga yang menyewakannya kurang dari Rp 100 ribu. Itu semua tergantung pada di mana tempat persewaan yang Anda buka, apakah di sekitar kota atau malah di daerah yang jauh dari kota. Nyaman atau tidaknya, dan sebagainya.

Pastikan jika Anda membuka penginapan, penginapan tersebut memiliki kondisi kamar yang membuat para wisatawan nyaman dengan tempat Anda.

2. Sewa Kendaraan
Banyak para wisatawan yang mengandalkan transportasi umum untuk pergi ke lokasi wisata tujuan. Ini membuat mereka tidak membawa kendaraan apapun saat berlibur di kota tersebut.

Namun tak bisa disangkal juga, jika mereka membutuhkan kendaraan untuk pergi ke banyak tempat wisata di kota tersebut. Jika Anda mempunyai kendaraan lebih, misalnya 5 motor, atau 5 mobil Anda bisa menggunakan motor dan mobil tersebut untuk disewakan kepada para wisatawan.

Bisa pasang tarif per jam ataupun tarif per hari. Biasanya untuk motor akan dikenakan biaya Rp 40.000/hari untuk hari biasa, dan bisa mencapai Rp 90.000/hari untuk di hari libur atau high seasons. Untuk mobil bahkan bisa dipasang tarif Rp 200.000 hingga Rp 500.000/ hari tergantung dengan jenis mobil yang disewakannya.

3. Pernak-Pernik/Oleh-Oleh
Jika pergi berlibur, rasanya tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga, atau teman-teman di kota tercinta. Anda bisa menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas kota wisata tempat Anda tinggal. Misalnya dengan menjual baju atau pernak-pernik khas daerah, atau bahkan hingga menjual makanan khas lho. Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis ini pun tidak pernah sepi pengunjung, khususnya di musim libur seperti ini.

Liburan bukan hanya soal menghabiskan uang, tapi juga bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Apakah Anda berani coba?

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai di Tahun 2017 Ini? Download Sekarang Juga Rangkuman "Financial Revolution" 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000.

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000 Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed