Follow detikFinance
Senin, 22 Jan 2018 06:54 WIB

Pentingnya Public Speaking Dalam Berbisnis

Tung Desem Waringin - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sebagai seorang pebisnis pastinya akan melakukan banyak komunikasi kepada pelanggan maupun konsumen. Satu pelanggan ataupun konsumen tentunya akan berbeda karakternya dengan pelanggan atau konsumen yang lainnya.

Berbicara dengan seorang klien untuk membahas sebuah urusn bisnis jelas membutuhkan pengetahuan yang luas. Jangan sampai melakukan kesalahan yang fatal, yang akan mengancam kemajuan bisnis.

Tak jarang juga nasib seorang pebisnis sukses atau tidaknya, ditentukan akan komunikasi bisnis yang dibicarakan. Banyak dari klien, konsumen maupun kompetitor yang sudah berpikir kritis dan cerdas.

Maka dari itu menjadi seorang pebisnis harus juga meningkatkan kualitas dalam berkomunikasi.

Di sinilah fungsi public speaking tentu sangat penting dalam menjamin komunikasi bisnis Anda agar tetap kokoh dan prima.

1. Bukan Sekedar Bicara
Untuk meyakinkan dan mempengaruhi klien, tentu membutuhkan keterampilan ekstra dalam berbicara. Karena dalam dunia bisnis, kita tidak selalu dalam keadaan yang stagnan dan nyaman. Ada kalanya di saat dalam keadaan tertekan, kita perlu menguasai ilmu public speaking yang baik.

Bagaimana caranya menjaga body languange Anda agar bisa tetap tenang dan penuh keyakinan terhadap klien Anda. Bagaimana caranya mengatasi rasa takut yang muncul saat berhadapan dengan pelanggan Anda.

Ketika Anda sudah memiliki kemampuan ini, maka Anda sudah bisa mengatasi perasaan cemas, takut, gugup, stres, ataupun tidak percaya diri yang menyebabkan otak Anda blank. Karena kondisi ini sangat mengancam kelangsungan bisnis Anda.

2. Pemilihan Bahasa yang Tepat
Pemilihan bahasa yang tepat bisa membuat persepsi dari konsumen, pelanggan maupun klien Anda menjadi berubah. Jangan terlihat seperti Anda membuat-buat tutur bahasa yang tidak tepat sehingga akan membuat mereka semakin tidak yakin dan tidak nyaman berbisnis dengan Anda.

Tentu Anda harus mampu berkomunikasi dengan relasi bisnis Anda. Tidak berlebihan, namun tetap terlihat elegan dan bersahabat yang akan membuat suasana bisnis Anda terasa lebih hangat.

3. Gesture Tubuh
Selain mengajari tentang teknik berbicara dan mengatur rasa takut menjadi berani, public speaking juga mengajari bagaimana melakukan gesture tubuh yang baik dan semestinya. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang berguna bagi pebisnis. Karena selain tutur bahasa, gesture tubuh juga menjadi suatu yang penting untuk dipelajari agar tetap tampak bersahabat namun tetap berwibawa juga.

Jadi yuk mulai dari sekarang pelajari dengan betul tentang public speaking untuk memajukan bisnis yang sedang Anda rintis saat ini. Semoga Bermanfaat.

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai di Tahun 2017 Ini? Download Sekarang Juga Rangkuman "Financial Revolution" 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000.

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000 Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed