Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Sep 2019 06:17 WIB

3 Rahasia Utama Agar Milenial Merdeka Finansial (2)

Baratadewa Sakti P - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Yang ditunggu-tunggu akan kita ungkapan dalam artikel kali ini. Apa saja sih 3 rahasia utama agar generasi milenial bisa meraih kebebasan finansial. Yuk kita mulai.

1. Hargai dirimu dulu baru yang lain
Setiap kali mendapatkan uang, selain untuk memenuhi kebutuhan dasar diri dan keluarga. Pastikan pula dapat menyisihkan sebagian lagi untuk kepentingan diri Anda di masa depan.

Masa depan dapat berarti esok pagi, minggu depan, bulan depan, masa tua, bahkan setelah berpulang nanti.

Disisihkan dalam wujud apa saja? Bisa dalam wujud dana darurat, rencana prioritas, anggaran masa tua, dana wakaf, bahkan berinvestasi dalam wujud ilmu yang bermanfaat yang kelak setelah berpulang, uang yang diinvestasikan dalam wujud ilmu tersebut akan tetap menjadi manfaat bagi orang banyak.

Juga yang tak kalah penting adalah digunakan untuk mendidik & membentuk anak keturunan yang baik yang kelak akan meneruskan kebaikan-kebaikan Anda meski sudah tak lagi bersama mereka.

Uang dapat berasal dari banyak sumber (wealth creation). Dalam ilmu manajemen kekayaan, uang bisa berasal dari warisan, hadiah, hibah, wakaf, zakat atau sedekah.

Kemudian bila dilihat dari sudut pandang dari mana uang bertambah (wealth accumulation), maka uang dapat bertambah dari 3 (tiga) hal yaitu: karena bekerja lalu mendapatkan upah, atau mendapatkan keuntungan dari hasil berbisnis, bisa juga sebagai investor di mana ia akan mendapat capital gain dari sistem bisnis yang secara otomatis menghasilkan dividen untuknya.

Maka pertambahan uang yang masuk ke pundi-pundi rekening Anda inilah yang kemudian dapat digunakan untuk membayar diri Anda baik berupa kebutuhan pokok saat ini maupun kepentingan diri Anda di masa mendatang.

Klik next untuk halaman berikutnya (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com