Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Okt 2019 06:05 WIB

Katanya Resesi Sudah Dekat, Terus Gimana Dong? (2)

Aidil Akbar Madjid – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
1 Dana Darurat dan Soal Utang
Halaman 2 dari 3
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi

Dana Darurat
Hal lain yang harus dipersiapkan selain dana likuid adalah Dana Darurat. Dana darurat sendiri dipegunakan dalam kondisi darurat.

Nah kita tidak ingin terjebak dalam kondisi darurat sementara kondisi ekonomi sendiri sedang dalam resesi. Ketika kondisi darurat terjadi, anda akan melakukan hal apapun demi mendapatkan dana segar secara cepat karena anda memang membutuhkannya.

Apabila dana likuid anda relative cukup besar seperti poin sebelumnya, maka anda tidak perlu khawatir akan ketersediaan dana darurat. Karena dana likuid anda bisa ikut membantu apabila diperlukan atau anda mengalami kondisi darurat.

Lunasi Utang Konsumtif
Anda masih punya utang konsumtif dan mau masuk era resesi? Segera lunasi utang anda tersebut. Jangan sampai ketika kondisi semua orang sulit uang, andapun kemudian mengalami masalah dalam membayar utang anda.

Utang konsumtif sendiri tidak memberikan manfaat yang besar kepada anda dan nilai aset yang anda beli dengan berutang akan turun nilainya seiring dengan waktu.

Jangan Buat utang Baru, Bila Tidak Dibutuhkan
Hal lain yang juga sebaiknya tidak dilakukan atau dihindari adalah membuat utang baru. Dalam kondisi memasuki resesi sebaiknya anda tidak memiliki kewajiban sekecil apapun (kecuali mungkin KPR yang sudah berjalan).

Tahan utang baru anda sampai kita sudah melewati masa resesi. Bisa jadi ketika resesi terjadi barang yang anda ingin beli disaat berutang malah anda bisa beli dengan harga murah dan membeli secara tunai kan?

Lanjut ke halaman berikutnya >>>

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com