Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Nov 2019 07:07 WIB

Mending Ngontrak atau Beli Rumah? (2)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
1 Pekerjaan Anda Belum Pasti & Penghasilan Anda Belum Stabil
Halaman 2 dari 3
Foto: dok. BTN

Pekerjaan Anda Belum Pasti & Penghasilan Anda Belum Stabil

Berapa banyak di antara anda yang merasa bisa hidup dengan tenang dan nyaman saat ini tanpa harus bekerja kantoran, alias kerja paruh waktu atau kerja berdasarkan proyek?

Bisa hidup tenang dan nyaman bukan berarti penghasilan anda stabil. Anda yang berada dalam kondisi seperti ini, sebaiknya tidak membeli properti atau rumah terlebih dahulu, apalagi bila membelinya secara mencicil atau menggunakan fasilitas KPR.

Mengapa demikian? Pekerjaan yang belum pasti dan penghasilan yang belum stabil membuat membeli rumah akan menjadikan beban bagi diri anda.

Anda butuh untuk menyisihkan dana darurat dan investasi jangka pendek dulu sebagai jaga-jaga sebelum memulai komitmen jangka panjang dengan membeli rumah atau properti, apalagi belinya dengan cara nyicil. Jadi untuk sementara, sewa dulu yaa.

Tidak Bisa Komitmen Nyicil Bulanan

Anda masih dalam tahap awal dari karir anda, ataupun bahkan anda sudah menapaki karir pekerjaan anda di kantor. Akan tetapi anda merasakan bahwa anda memiliki banyak sekali kewajiban yang lain seperti mempersiapkan dana pensiun, mempersiapkan dana pernikahan (bila belom menikah), dan lain sebagainya.

Anda merasakan bahwa keuangan anda sudah pas-pasan sekali sehingga komitmen untuk menyicil rumah bulanan akan terasa berat bagi anda.

Apabila anda termasuk dalam tipe ini, maka ada baiknya anda tunda dulu dan tidak membeli rumah atau properti dulu. Mengapa? Karena apabila anda masih punya "banyak urusan", maka kemungkinan besar anda akan mengalami kesulitan untuk membayarkan kewajiban cicilan rumah anda.

Dan daripada berdampak pada rusaknya nama anda di Bank Indonesia dan OJK, lebih baik hal tersebut ditunda terlebih dahulu sampai anda siap. Jadi untuk sementara, sewa dulu ya.

Lanjut ke halaman berikutnya >>>

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com