Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Barang Koleksi (1)

Steven Ransingin – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 17 Mei 2021 06:00 WIB
Komunitas Kolektor Action Figure/
Ilustrasi/Foto: Komunitas Kolektor Action Figure/Angga Aliya Firdaus

2. Perhatikan Cara Merawat Barang Koleksi

Berinvestasi pada barang koleksi perlu diperhatikan juga cara merawatnya. Berbeda dengan berinvestasi pada instrumen pasar modal tidak memerlukan perawatan, yang kita perlukan tujuan keuangan dan pengetahuan semata dalam mengelola investasi kita.

Namun jika bicara berinvestasi pada barang koleksi diperlukan juga pengetahuan tambahan tentang bagaimana cara kita merawatnya, karena beda barang koleksi beda perawatannya, tentu kita harus mengetahuinya, mulai dari cara menyimpannya, cara membersihkannya.

Apabila barang koleksi tersebut kita pakai sekaligus dijadikan sebagai instrumen investasi juga, tentu kita tidak mau kan barang yang sifatnya eksklusif tersebut, ada dalam jumlah terbatas, saat kita jual kembali justru kehilangan nilai investasinya. So sayang banget kan?

Hal-hal seperti ini juga dibahas lho di kelas-kelas dan workshop Perencana Keuangan. Bila berminat ingin belajar perencanaan keuangan sendiri bisa mengikuti workshop basic financial planning, info bisa dibuka di sini.

Kamu juga bisa melakukannya dengan belajar perencana keuangan bersertifikasi secara online secara mandiri (self study), mudah, terjangkau dan bisa belajar sesuai waktu kita. Untuk info-info kelas secara online (self study) baik yang gratisan ataupun biaya terjangkau sekali, bisa dilihat di sini.

Di artikel berikutnya kita akan bahas lebih detail lagi hal-hal apa yang harus diketahui bila ingin berinvestasi pada barang koleksi. Stay tuned.


(ara/ara)