Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 30 Jun 2015 06:49 WIB

Karyawan Bergaji Rp 9 Juta Ingin Beli Rumah Rp 350 Juta, Ini Tipsnya

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Jakarta - Pertanyaan dari Pembaca: Selamat sore, saya Rudy Silaen, karyawan swasta dengan penghasilan Rp 9 juta per bulan dan saya belum berkeluarga.

Saya ingin bertanya bagaimana caranya saya mengatur keuangan yang baik agar dapat mencicil rumah seharga Rp 350 juta? Dari gaji Rp 9 juta dalam sebulan terpakai Rp 4 juta untuk dan tersisa Rp 5 juta.

Jawaban: Setiap manusia umumnya memiliki pola tujuan finansial yang hampir sama selama mengarungi kehidupan. Memiliki hunian sendiri merupakan salah satu tujuan finansial yang didambakan seseorang, khususnya bagi mereka yang telah memiliki pasangan hidup.

Saya sangat menghargai usaha Anda yang telah berkeinginan untuk menyisihkan hartanya guna membeli rumah alih- alih menggunakan harta tersebut untuk berfoya- foya.

Keputusan pembelian rumah memerlukan persiapan yang matang. Dana pembelian rumah termasuk salah satu poin yang harus dipersiapkan sebab pembelian rumah memerlukan dana yang tidak sedikit.

Anda dapat menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk mewujudkan impian alih- alih mengumpulkan dana untuk membayar tunai secara langsung. Sebab, harga tanah dan rumah yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Sebelum memutuskan untuk mengambil KPR, Anda perlu mempersiapkan uang muka rumah yang menjadi salah satu syarat utama pengajuan KPR. Beruntung, tahun ini OJK dan BI mengeluarkan revisi terkait batas maksimum kredit rumah dari yang sebelumnya sebesar 70% untuk pembelian rumah pertama menjadi 80% per Juni 2015.

Peraturan ini memberikan keringanan bagi konsumen karena mengurangi jumlah uang muka yang harus dibayarkan kepada institusi keuangan pemberi KPR. Per Juni 2015 nanti, konsumen KPR hanya diwajibkan untuk membayar uang muka sebesar 20% dari harga jual rumah.

Jadi untuk membeli rumah senilai Rp 350 juta, saudara perlu menyiapkan uang muka Rp 70 juta.

Pengumpulan uang muka tersebut dapat diambil dari bonus, THR atau pun arus kas bebas bulanan Anda sebesar Rp 5 juta (arus kas bebas adalah sisa dana yang belum diperuntukan kegunaannya).

Apabila Anda dapat konsisten menyisihkan seluruh arus kas bebas ditambah THR dan bonus, maka Anda dapat menyiapkan uang muka sebesar Rp 70 juta dalam kurun waktu 1 tahun.

Setelah mempertimbangkan kemampuan untuk membayar uang muka rumah, Anda juga perlu memikirkan kemampuan untuk membayar cicilan rumah tersebut. Untuk menjaga kesehatan keuangan, sebaiknya rasio pembayaran cicilan utang maksimum 35% dari total pendapatan bulanan.

Rasio ini tidak terbatas hanya pada cicilan KPR, namun juga cicilan utang lainnya seperti kartu kredit ataupun kredit mobil. Menilik pada informasi yang diberikan, maka dari penghasilan sebesar Rp 9 juta per bulan batas cicilan utang yang mampu ditanggung setiap bulannya adalah Rp 3,15 juta.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam mempersiapkan dana pembelian hunian idaman. Selamat berencana. Live a beautiful life!

(ang/dnl)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed